18.6 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Warga Medan Johor Budidaya Anggur di Pekarangan Rumah

Medan, MISTAR.ID

Biasanya pekarangan rumah ditanami dengan bunga atau pohon rindang seperti pohon mangga. Namun di tangan Karyono (62), Anggota Komunitas Anggur Medan, pekarangan rumahnya diwarnai dengan pohon anggur yang berbuah dengan baik bahkan berbagai jenis varietas.

Saat dijumpai mistar.id di rumahnya yang beralamat di Jalan Eka Surya Gang Eka Jaya 4, Medan Johor. Pria pensiunan Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan Hortikultura (Dinas Ketapang TPH) Sumatera Utara (Sumut) ini menjelaskan budidaya anggur yang dilakukannya untuk mengisi hari-hari selama pensiun di 2019 lalu.

“Awalnya bukan di pekarangan. Saya budidaya ikan awalnya di lahan 5×13 nggak jauh dari rumah. Karena udah ada kolam ikan itu, terus terinspirasi budidaya anggur. Saat itu di Jawa sudah banyak melakukan budidaya anggur, tepatnya di 2021. Akhirnya dilakukan di pekarangan rumah,” terang Karyo sapaan akrabnya, Minggu (8/10/23).

Ada sekitar 19 varietas yang ia tanam. Diantaranya Jupiter, Julian, Ninel, Rumba, Tamaki, Dixon, Transfiguration, Early Adora, New Baikonur dan Carnival, Everest, Saras.

Baca juga: Budidaya Perikanan Berkelanjutan Disosialisasikan, Begini Pesan Pemkab Samosir

Diungkapkannya lagi, saat ini untuk budidaya anggur masih menjadi hobi. Ia juga sangat terbuka menerima pihak-pihak yang ingin mengetahui penanaman anggur yang dilakukannya.

“Kalau panen biasanya teman-teman dan saudara-saudara yang datang untuk menikmati anggur ini. Tujuannya menjadi contoh biar teman-teman mengikuti budidaya ini,” ujarnya pria kelahiran 12 Maret 1961 tersebut.

Begitupun tidak menutup kemungkinan kedepannya pekarangan rumah yang telah menjadi lokasi budidaya anggur akan dijadikan tempat edukasi atau cafe.

Related Articles

Latest Articles