15.9 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Wali Kota : ASN Harus Berintegritas dan Tauladan Sesuai Nilai Pancasila

Medan, MISTAR.ID

Pemerintah Kota (Pemko) Medan mengadakan workshop Penguatan Nilai-Nilai Ideologi Pancasila Bagi ASN Pemko Medan di Hotel Grand Mercure, Senin (19/6/23).

Dalam acara itu, Wali Kota Bobby Nasution berpesan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) agar memperlihatkan integritas dan keteladanan melalui sikap maupun perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan ASN harus menjadikan setiap nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai benteng pertahanan dalam melakukan transformasi perilaku dan kinerja yang lebih baik lagi.

Hadir sebagai pengajar dalam workshop tersebut Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP-RI) Tonny Agung Arifianto dan akademisi dari Universitas Sumatera Utara.

Baca juga: Walikota Medan Imbau Kepling Petakan Rumah Warga yang Telah Divaksin dan Belum

Dihadapan para peserta workshop, Ferri Ichsan mengingatkan seluruh ASN Pemko Medan untuk semakin patuh, taat serta sadar untuk senantiasa meningkatkan potensi diri dan meningkatkan inovasi dalam melayani masyarakat dengan selalu mengedepankan nilai-nilai Pancasila.

“Hari ini kita harus mempertanyakan kepada diri kita sendiri apakah kita sudah sepenuhnya melaksanakan tugas kita sebagai seorang ASN sesuai dengan kewajiban atau belum. Sebab, kita adalah panutan bagi masyarakat di kota ini, jadi sudah selayaknya kita harus mampu mencerminkan sikap dan perilaku kita sesuai dengan nilai-nilai Pancasila,” tegasnya.

Ferri mengatakan, upaya membumikan Pancasila untuk seluruh masyarakat di Kota Medan tentu membutuhkan usaha yang tidak main-main. Oleh sebab itu, ASN harus menjadi sosok pertama yang menjadi contoh bagi masyarakat dalam membumikan nilai-nilai Pancasila.

Baca juga: Walikota Medan Blusukan Ke Berbagai Kecamatan Dan Kelurahan

“Kita sebagai ASN dituntut mampu memulihkan kembali nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Terlebih saat ini memasuki tahun politik, tahun dimana mudahnya terjadi gesekan akibat perbedaan pilihan politik. Untuk itu, sebagai ASN dituntut menjadi pemersatu perbedaan tersebut. Perbedaan pilihan pasti terjadi, akan tetapi persatuan dan kesatuan masyarakat harus tetap kita jaga,” Ferri.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Medan, Sutan Tolang Lubis mengatakan, workshop bertujuan menguatkan nilai ideologi Pancasila dan memperkokoh wawasan kebangsaan dan rasa cinta terhadap tanah air semua ASN di Pemko Medan.

Workshop ini membahas pembentukan dan sejarah Pancasila dan Pancasila sebagai ideologi dalam menghadapi isu aktual bangsa. Materi terakhir tentang Pancasila sebagai dasar hakikat fungsi dari ASN sebagai perekat dan pemersatu bangsa. (rahmad/hm17)

Related Articles

Latest Articles