15.2 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Visi ‘Sumut Hebat’ Ala Pj Gubernur, DPRD akan Rumuskan dan Panggil Pemprov

Medan, MISTAR.ID

Ketua DPRD Sumatera Utara (Sumut), Baskami Ginting mengatakan, pihaknya akan merumuskan sekaligus memanggil pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov), menyusul terciptanya visi ‘Sumut Hebat’ yang digaungkan Penjabat (Pj) Gubernur, Hassanudin.

“Iya, nanti kita usahakan ya,” ucap Baskami yang mengaku tengah berada di Kota Tanjung Balai, pada Selasa (7/11/23).

Namun, Baskami tak banyak berkomentar. Sebelum pihaknya memanggil Pemprov, sebutnya, persoalan itu agar ditanyakan kepada Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut, Arief Sudarto Trinugroho terlebih dahulu.

Baca juga:Ciptakan Visi ‘Sumut Hebat’, Pj Gubernur Diminta Jangan Sembarangan Buat Tagline

“Ya itulah, (coba dulu, red) tanya Sekda,” sebut politisi PDI Perjuangan itu mengakhiri.

Sebelumnya, Pengamat Kebijakan Publik Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), Rafriandi mempertanyakan dasar hukum atas visi Pj Gubernur Sumut tersebut. Ia sebut, agar tidak sembarangan membuat suatu tagline yang akhirnya tak bisa dipertanggungjawabkan.

“Jabatan Pj Gubernur Sumut itu merupakan instruksi (ditunjuk) dari Presiden, bukan hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Sehingga tidak ada nomenklatur bagi Pj Gubernur mengubah visi yang sudah ditetapkan,” ucap Rafriandi kepada wartawan, Senin (6/11/23).

Dia mengungkapkan, tugas seorang Pj hanya mengisi kekosongan Kepala Daerah sampai terpilih pada Pilkada 2024 mendatang. Kemudian melanjutkan program Gubernur sebelumnya, bukan malah membuat visi baru.

Baca juga:Musim Penghujan, Pj Gubernur Sumut Instruksikan Kepala Daerah Perkuat Mitigasi Bencana

Ia menyarankan Hassanudin menggunakan visi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni ‘Indonesia Maju’ ketimbang membuat visi sendiri.

“Dan ini perlu DPRD Sumut mengkritisi, jangan pulak nanti muncul anggarannya, untuk Sumut Hebat, visi itu harus diputuskan jadi Peraturan Daerah (Perda), Kalau jadi Perda itu kan produk hukum DPRD, nggak bisa Sumut Hebat itu dijadikan tagline oleh Pemprov Sumut,” paparnya.

Sekadar menambahkan, ‘Sumut Hebat’ itu merupakan singkatan dari Harmonis, Efektif, Bersama, Akuntabilitas, Transparan. (jonatan/hm16)

 

 

Related Articles

Latest Articles