12.6 C
New York
Friday, May 3, 2024

Vaksin Covid-19 di PTN Sudah Sebagian, PTS Menunggu Arahan

Medan, MISTAR.ID

Guna menekan angka pertambahan kasus konfirmasi Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut) khususnya di Kota Medan, kepala daerah, tenaga kesehatan serta pejabat daerah lainnya mulai dari TNI, Polisi, Kejaksaan Tinggi, Pengadilan Negeri dan petinggi lainnya dari sektor pendidikan, mulai melakukan vaksinasi.

Bahkan rencananya, Maret 2021 vaksin ini juga akan diberikan kepada masyarakat umum termasuk jurnalis.

Terkait vaksinasi di kalangan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta (PTN/PTS), ada yang sebagian sudah divaksin dan ada yang masih menunggu arahan. Seperti di PTN Universitas Sumatera Utara (USU) sebagian dosen dan pegawai sudah mendapat vaksin Covid-19.

Baca Juga:Ini Syarat Dapat Santunan Bila Cacat dan Meninggal Usai Divaksin

“Vaksin kemarin dilakukan di RS USU yang bekerja sama dengan sejumlah pihak. Dan kita menunggu tahapan lanjutan untuk sebagian dosen dan pegawai yang belum diberi vaksin,” kata Kepala Kantor Humas, Protokoler dan Promosi USU, Elvi Sumanti melalui selulernya, Jumat (26/2/21).

Elvi mengatakan, untuk vaksin selanjutnya, USU masih menunggu arahan dari pemerintah pusat. Sebagai institusi pendidikan, USU juga dipilih menjadi lokasi Pekan Vaksinasi Massal Provinsi Sumatera Utara oleh Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI, pada 10 Februari 2021 mendatang.

Sementara itu, PTN Universitas Negeri Medan (Unimed) menunggu petunjuk dan instruksi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terkait pelaksanaan vaksinisasi Covid-19.

Pemerintah Indonesia sendiri merencanakan mengaktifkan kembali belajar tatap muka dan perkuliahan pada semester II tahun ini. Namun, seluruh tenaga pendidik harus divaksin terlebih dahulu dan dilakukan bertahap hingga Juni 2021.

Baca Juga:Usai Dilantik, Bobby Nasution Targetkan Vaksinasi Covid-19 di Medan Hingga 70 Persen

“Sampai sekarang belum ada surat resi tentang vaksin dari Kemendikbud. Kami PTN menunggu arahan dan instruksi dari Kemendikbud saja,” ungkap Kepala Humas Unimed M Surip.

Terpisah, PTS Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) juga masih menunggu petunjuk arahan dari Kemendikbud. “Kami belum mendapat perintah. Jadi belum ada pendataan apapun,” kata Humas UMSU, Ribut.

Hal yang sama dikatakan Humas Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Zakaria. Pihaknya belum mendapat arahan terkait persiapan vaksin Covid-19 baik dari universitas dan juga Kemendikbud. “Kita tunggu sajalah. Karena belum ada dapat informasi dan arahan apapun,” pungkas pria yang disapa Zack itu. (anita/hm12)

Related Articles

Latest Articles