23.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

USU Produksi Hand Sanitizer Lebih Efektif Beri Perlindungan

Medan, MISTAR.ID

Tim Inovasi Mitigasi Covid-19 Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil memproduksi hand sanitizer yang diyakini lebih stabil dan efektif memberikan perlindungan dari kuman. Saat ini, produk hand sanitizer itu masih dipakai untuk internal kampus.

Ketua Tim Inovasi Mitigasi Covid-19 USU Apt Imam Bagus Sumantri mengatakan, ide muncul berawal dari keinginan mereka untuk memproduksi hand sanitizer yang sifatnya lebih stabil dan efektif memberikan perlindungan.

“Jadi produk kita ini bisa memberikan perlindungan 99 persen terhadap kuman, terutama di tangan karena tangan merupakan organ tubuh yang selalu bersentuhan dengan apapun,” ujar Imam didampingi anggota tim inovasi lainnya, Kamis (27/5/21).

Baca Juga:USU Menuju Internasional Kampus, Rektor: Semua Harus Berkolaborasi

Imam menyebut, produk hand sanitizer yang mereka produksi telah melalui beberapa pengujian. Imam mengklaim, hand sanitizer yang mereka produksi lebih stabil dibanding hand sanitizer lainnya.

Kestabilan itu, kata Imam, akan terus tetap terjaga walaupun kondisinya dalam panas ekstrim ataupun bisa dikatakan kondisinya tidak sesuai dengan peyimpanan. “Kadar alkohol di dalam tetap terjaga. Jadi kami beberapa kali melakukan pengujian, kadar alkohol tetap stabil di angka 70 persen,” katanya.

Ke depan, lanjut Imam, hand sanitizer ini sudah siap untuk diproduksi secara massal dan bisa digunakan masyarakat dengan harga terjangkau. Meski masih dipakai untuk lingkungan internal kampus, Imam mengaku produk tersebut sudah dimerk-dagangkan ke Kemenkumham dan pihaknya sudah melakukan perizinan edar dari Kemenkes.

“Sebelumnya kita bekerjasama memproduksi secara massal skala industri dengan salah satu industri punya alumni, sehingga bisa produksi 1.000 liter atau setara dengan 10 ribu botol,” pungkasnya. (ial/hm12)

Related Articles

Latest Articles