10.7 C
New York
Monday, May 6, 2024

Usai Sholat Id, Kepala Ombudsman Sumut Silaturahmi dengan Jiran

Medan, MISTAR.ID

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Abyadi Siregar memilih bersilaturahmi dengan jiran tetangga usai melaksanakan Sholat Id 1 Syawal 1443 H, Kamis (13/5/21) pagi.

Momentum Idul Fitri bagi Abyadi adalah momentum bersilaturahmi. Abyadi melaksanakan Sholat Id di Mesjid Al Hidayah Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan. Bertindak sebagai khatib sekaligus imam sholat, Ustad Pono.

“Ini mesjid di dekat rumah tempat tinggal. Kalau tidak pulang kampung, memang selalu Sholat Id nya di mesjid di dekat rumah. Tujuannya, tentu agar sekaligus bisa bersilaturrahmi dengan jiran tetangga, serta masyarakat desa tempat tinggal kita,” ujar Abyadi Siregar.

Baca Juga:Sholat Id di Mesjid Raya Medan Terapkan Prokes

Selain ke jiran tetangga, ia juga bersilaturahmi dengan tokoh-tokoh masyarakat desa dan dengan para pengurus Badan Kenaziran Mesjid (BKM) Mesjid Al Hidayah sendiri. Tentu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Ini sesuai tuntunan. Tak hanya menjadi makhluk yang mulia, keutamaan silaturahmi juga dapat memperpanjang umur dan melapangkan rezeki. Mengunjungi anggota keluarga dan sanak saudara merupakan salah satu cara untuk menciptakan kerukunan dan keharmonisan. Selain itu silaturahmi juga merupakan amalan yang memiliki nilai pahala besar,” jelas Abyadi.

Baca Juga:Ketua MUI Simalungun Imbau Sholat Id dan Takbiran di Rumah Saja

Seseorang yang senantiasa menjaga tali silaturahmi, kata Abyadi, maka Allah akan melapangkan rezeki dan umurnya.

“Hal ini dapat dilihat dalam sebuah hadis yang menyebutkan ‘barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturahmi,” tutura Abyadi mengutip hadist HR Bukhari-Muslim.(iskandar/hm10)

Related Articles

Latest Articles