20.7 C
New York
Saturday, June 1, 2024

Usai Renovasi, 343 Nakes RS Bhayangkara Mas Kadiran Siap Layani Masyarakat

Medan, MISTAR.ID

Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak mengatakan, renovasi dan pengembangan RS Bhayangkara TK II Mas Kadiran Medan merupakan program implementasi presisi, khususnya transformasi operasional yang berkaitan dengan peningkatan pelayanan kesehatan khususnya kepada anggota Polri dan masyarakat.

“Rumah sakit ini berdiri sejak tahun 1966, dimulai di Jalan Putri Hijau Medan kemudian tahun 1972 dipindahkan ke Jala Wahid Hasyim Medan. Lahan rumah sakit sebelumnya seluas 5821 M2 dengan luas bangunan 4576 M2,” terangnya dihadapan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Rumah Sakit Bhayangkara Tk II Mas Kadiran Medan, Rabu (5/7/2023).

Kapolda mengatakan, seiring dengan pemindahan Makosat Brimob Polda Sumut ke Eks SPN Sampali pada 30 Oktober 2022, maka dilakukan renovasi dan pengembangan RS Bhayangkara TK II Mas Kadiran. Sejumlah fasilitas dan sarana baru dengan biaya Rp8,74 miliar yang bersumber dari BLU dan efisiensi DIPA Polda Sumut yang diarahkan untuk pengembangan RS ini.

Baca juga: Resmikan RS Bhayangkara Mas Kadiran dan Mako Polres Tapsel, Kapolri: Semoga Bermanfaat Bagi Masyarakat

Adapun fasilitas baru di rumah sakit itu terdiri dari ruang IGD berkapasitas 13 tempat tidur, gedung utama perkantoran bagi pejabat dan staf ruang rapat serta aula, instalasi rawat jalan poliklinik spesialis yang dapat mendukung pelayan 23 poliklinik spesialis dan sub spesialis.

Ada juga paviliun rawat inap VVIP dengan kapasitas saat ini sudah tersedia empat kamar tidur dari 16 kamar yang direncanakan. Ruang rawat inap catur Prasetya yang merupakan fasilitas pendukung IGD dengan 14 tempat tidur.

“Total seluruh kamar yang tersedia untuk RS saat ini adalah sebanyak 205 tempat tidur didukung oleh 343 orang tenaga kesehatan (Nakes),” terangnya.

Baca juga: Istri Kapolri Minta RS Bhayangkara Medan Optimalkan Pelayanan

Melalui blueprint pengembangan, kata Panca, RS ini diharapkan mampu memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada Pegawai Negeri, Polri dan masyarakat, serta dapat menjadi rujukan Polri di pulau Sumatera.

“Tentunya hal ini didukung oleh stakeholder terkait seperti BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan dan Jasa Raharja,” kata dia.

Sebagaimana diketahui, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meresmikan Rumah Sakit Bhayangkara TK II Mas Kadiran Medan dan Mapolres Tapanuli Selatan (Tapsel), Rabu (5/7/2023). Peresmian kedua gedung itu berlangsung di Rumah Sakit Bhayangkara TK II Mas Kadiran yang berada di Jalan Wahid Hasyim Medan. (saut/hm17)

Related Articles

Latest Articles