10.2 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Unimed Siapkan 2.400 Kursi untuk Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Mandiri

Medan, MISTAR.ID

Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Mandiri Tahun 2022 di Universitas Negeri Medan (Unimed) secara online akan berakhir 9 Juli mendatang. Hingga Selasa (5/7/22) kemarin, sudah ada 3.706 peserta yang mendaftar dengan rincian kelompok Saintek 867, Soshum 1.348 dan Campuran 1.491 orang.

Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom mengatakan, seleksi mandiri merupakan proses penerimaan mahasiswa baru jalur terakhir yang proses tesnya dilakukan secara internal Unimed berdasarkan hasil Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK).

“Hasil tes akan menjadi rujukan dalam menentukan jumlah calon mahasiswa yang akan diterima berdasarkan daya tampung yang telah ditetapkan. Adapun kuota mahasiswa yang akan diterima pada jalur mandiri di Unimed tahun ini sebanyak 2.400 orang,” ujarnya, Rabu (6/7/22).

Baca juga: Selamat! 3.916 Siswa Lulus ke Unimed Melalui Jalur SBMPTN 2022

Syamsul menjelaskan, biaya pendaftaran Seleksi Mandiri sebesar Rp250.000 untuk Saintek dan Soshum, sementara campuran Rp350.000. Khusus pendaftar prodi seni dan olahraga dikenakan tambahan biaya portofolio sebesar Rp50.000. Pembayaran dapat dilakukan melalui Bank BNI 46, Bank Mandiri dan Bank Sumut di seluruh Indonesia.

“Pelaksanaan ujian akan dilaksanakan pada 13-16 Juli 2022 di Laboratorium Komputer yang ada di Unimed. Setiap hari akan ada dua sesi ujian, waktunya sama persis seperti UTBK SBMPTN 2022 lalu,” katanya.

Syamsul menyebutkan, materi ujian berbentuk Tes Potensi Sekolastik (TPS) menggunakan ujian tes berbasis komputer (UTBK Jalur Mandiri) yang dilaksanakan mengikuti protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

“Selain tes tersebut, kelulusan di Unimed juga dapat dilihat melalui rekognisi prestasi seperti prestasi akademik, prestasi olahraga, prestasi seni, prestasi MTQ/MKQ, Pesparawi atau sejenisnya dan Hafiz Qur’an,” jelasnya.

Baca juga: Unimed Tingkatkan Keterampilan Guru PKMB Terapkan Pembelajaran Abad 21

Tak hanya itu, jalur Mandiri Unimed tahun 2022 juga menerima beasiswa KIP-K. Bagi lulusan SMA/SMK/MA sederajat yang memenuhi persyaratan KIP-K, bisa mengajukan beasiswa KIP-K melalui jalur ini. Dia mengatakan agar mengikuti prosedur pendaftarannya secara baik pada situs https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Humas Unimed M Surip berharap informasi ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, sehingga bagi lulusan SMA sederajat tahun lulus 2022, 2021 dan 2020 dapat memanfaatkan waktu untuk segera mendaftarkan diri. (ial/hm09)

Related Articles

Latest Articles