13.8 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Unimed Buka Prodi Baru S1 Statistika FMIPA

Medan, MISTAR.ID

Universitas Negeri Medan (Unimed) membuka program studi (prodi) baru S-1 Statistika di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), pada penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2023-2024.

Humas Unimed M Surip mengatakan, lahirnya prodi baru itu berdasarkan surat keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi nomor 704/E/O/2022 tentang izin pembukaan program studi baru Program Sarjana di Universitas Negeri Medan.

“Prodi Statistika nantinya berada di bawah naungan Jurusan Matematika karena pada dasarnya Statistika adalah cabang dari Jurusan Matematika,” ujarnya, Jumat (14/10/22).

Baca juga: Unimed Persiapkan Alih Status dari PTNBLU Menuju PTNBH

Surip mengatakan, Statistika merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengolahan data, menganalisis data dan menyajikan data ke dalam bahasa yang mudah dipahami sehingga bisa dijadikan sebuah informasi untuk banyak orang.

Dekan FMIPA Unimed Prof Fauziyah Harahap menambahkan, di era Revolusi Industri 4.0 saat ini, sistem informasi banyak membutuhkan ahli statistika. Untuk menjawab tantangan tersebut, FMIPA Unimed mengajukan prodi baru, sehingga sesuai dengan kebutuhan zaman.

“Alhamdulillah setelah beberapa lama kita ajukan, tahun ini telah disetujui oleh Kemendikbudristek. Terima kasih kepada pimpinan Unimed yang telah membantu dan memberikan dukungan kepada kami sehingga lahir program studi baru,” katanya.

Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom mengapresiasi seluruh civitas akademika FMIPA Unimed di bawah pimpinan Prof Fauziyah Harahap. Selain membuka prodi baru, FMIPA Unimed terus melakukan terobosan-terobosan dalam mendukung Unimed menuju PTN BH.

Baca juga: Pasca Bentrok, Perkuliahan Tatap Muka di FIK dan FT Unimed Ditiadakan Hingga 14 Oktober

“Kita akan terus mendorong Fakultas lainnya untuk mengusulkan prodi baru yang relevan dengan kebutuhan pasar dan dunia kerja. Dengan kualitas dan potensi SDM dosen, Unimed pasti bisa terus berkembang dan maju,” ucapnya.

Rektor berharap pembukaan prodi S1 Statistika ini dapat menjawab kebutuhan pasar kerja/dunia kerja, serta memberikan kemudahan bagi warga Sumatera Utara dan seluruh masyarakat Indonesia yang memiliki minat ilmu Statistika. (ial/hm09)

Related Articles

Latest Articles