12 C
New York
Monday, May 13, 2024

Tolak Segala Bentuk Kekerasan, Aliansi Mahasiswa UINSU Tuntungan Gelar Aksi Damai

Medan, MISTAR.ID

Aliansi mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) akan menggelar aksi damai berupa mimbar bebas untuk menolak segala bentuk kekerasan, hari ini Jumat (20/10/23).

Aksi akan berlangsung di depan gerbang UINSU Kampus IV Tuntungan, Deli Serdang, sekitar pukul 08.00 WIB.

Rencana aksi itu telah disebarkan melalui WhatsApp pada Jumat (20/10/23) pukul 00.07 berbentuk video dan isinya berupa ajakan.  Dalam video itu juga diungkapkan empat poin yang akan mereka sampaikan.

Baca juga:Terungkap, Tersangka Pemerkosa Mahasiswi UINSU Pemakai Narkoba

“Menolak keras pelecehan seksual dan kejahatan apapun, mengawal ketat proses hukum pelaku kekerasan seksual, melindungi dan memenuhi hak perempuan dan anak dari segala bentuk kekerasan, mempererat silaturahmi antara mahasiswa dan masyarakat,” demikian isi narasi video tersebut.

Aliansi berharap dengan adanya aksi mimbar bebas ini dapat terlaksana dengan baik dan tertib sesuai dengan perencanaan.

Beberapa hari ini, Polrestabes Medan mendapatkan laporan kasus pemerkosaan yang dialami seorang mahasiswi UINSU di tempat kosnya di Jalan Padang Golf, Pancur Batu.

Baca juga:Tersangka Pemerkosaan Mahasiswi UINSU Dijerat Pasal Berlapis dan Terancam 12 Tahun Penjara

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polrestabes Medan, Kompol Teuku Fathir Mustafa mengatakan pihaknya sudah menangkap tersangka, yang diketahui merupakan anak pemilik kos. Tersangka saat ini terancam dihukum dengan pasal berlapis.

“Tersangka dikenakan pasal berlapis, yakni pencurian dengan kekerasan (curas). Kemudian pasal 285 KUHP dan pasal 6 huruf C tindak pidana kekerasan seksual, dengan ancaman pidana 12 tahun,” ujarnya saat ditemui di halaman Polrestabes Medan, pada Kamis (19/10/23) sore.  (dinda/hm17)

Related Articles

Latest Articles