11.5 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Tampil Beda di Tahun 2021, Kinerja Wali Kota Medan Harus Diikuti Jajarannya

Medan, MISTAR.ID

Mengusung semangat Kolaborasi Medan Berkah, Bobby Nasution mampu menjadikan Pemko Medan tampil beda di tahun 2021. Berbagai upaya dan terobosan terus dilakukan orang nomor satu di Medan tersebut sejak dilantik menjadi Wali Kota Medan.

Alhasil, sederet prestasi kelembagaan dan individu berhasil diraih menantu Presiden Joko Widodo ini. Seperti sebagai kepala daerah paling populer di Sumut dalam hal kinerja hingga menjadi tokoh peduli pendidikan sekaligus Dosen Kehormatan dari Universitas Prima Indonesia (UNPRI).

Semua kinerja dan kebijakan yang dilakukan Bobby Nasution pun mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Salah satunya dari akademisi Universitas Sumatera Utara (USU), Indra Fauzan. Menurut Indra, kinerja Bobby Nasution dalam setahun ini cukup memuaskan. Ini bisa dilihat dari kebijakan Bobby Nasution dalam penanganan Covid-19 dan berhasil menjadikan Kota Medan Level I dalam Pemberlakuan Pembatas Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Baca juga: Wali Kota Medan: Permudah Birokrasi, Jangan Persulit Urusan Masyarakat

“Kegiatan vaksinasi yang dilakukan secara masif sehingga mampu melampaui target nasionalis. Selain itu, Bobby Nasution juga mampu bekerjasama dengan berbagai pihak untuk mengatasi masalah ini,” kata Dosen Prodi Ilmu Politik, FISIP, USU ini.

Dijelaskan Indra, semua usaha yang dilakukan Bobby Nasution dalam menekan laju penyebaran Covid-19 merupakan hal yang membanggakan. Tak kalah penting, Bobby juga melakukan pembukaan Kesawan City Walk (KCW) sebagai upaya dan solusi peningkatan PAD dan UMKM Kota Medan.

“Dengan dibukanya KCW juga mengembalikan ikon Kota Medan yang selama ini terbengkalai. Dalam hal ini, Bobby membentuk badan pengurus, kolaborasi dengan pusat dan daerah untuk mencapai target tersebut. Meski belum maksimal, namun saya rasa sudah kelihatan hasilnya,” terang Indra, Sabtu (8/1/22).

Lanjut Indra, Bobby Nasution juga melakukan penataan UMKM dan e-parking. Lalu melakukan revitalisasi drainase Kota Medan agar genangan air tidak mampet dan tidak terjadi banjir.

Baca juga: Tingkatkan Mutu dan Kualitas, Wali Kota Medan Akan Menaikkan Bantuan Pendidikan Tahun Depan

“Semua usaha yang dilakukan Bobby harus diikuti oleh jajaran Pemko Medan lainnya, terutama para birokrat di Kota Medan, sehingga kesannya tidak hanya wali kota saja yang bekerja sendirian menyelesaikan masalah kota ini. Para OPD juga harus mengambil peran dalam penyelesaian permasalahan kota, jangan menunggu instruksi baru gerak, jangan ada lagi pungli dan kongkalikong dalam proyek. Reformasi birokrasi harus lebih ditingkatkan agar peran birokrasi lebih terlihat serta kolaborasi antar OPD dan wali kota serta wakil  wali kota terasa,” tandas Indra. (rahmad/hm09)

Related Articles

Latest Articles