11.4 C
New York
Saturday, May 4, 2024

Tahap II Revitalisasi Lapangan Merdeka Segera Dikerjakan, Drainase dan Basement Jadi Fokus Utama

Medan, MISTAR.ID

Setelah pengerjaan tahap I selesai dilakukan Februari lalu, pengerjaan tahap II revitalisasi Lapangan Merdeka akan segera dilakukan bulan Mei 2023, terutama pembangunan drainase dan basement.

Kadis Perumahan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Medan Endar Lubis mengatakan pengerjaan tahap I meliputi pemasangan 1.800 bor pile atau pondasi tiang pancang dan penggalian basement (ruang bawah tanah).

“Pemenang tender sudah kita umumkan, Insya Allah pengerjaan tahap II segera dilakukan. Saat ini kita masih menunggu hasil audit pengerjaan tahap pertama yang telah selesai dilakukan. Begitu hasil audit selesai, maka pengerjaan revitalisasi tahap kedua langsung kita mulai,” kata Endar, Jumat (12/5/23).

Pada tahap II ini, lanjut Endar, pihaknya akan fokus untuk pekerjaan struktur yang meliputi pekerjaan pendahuluan, tanah, struktur bawah dan struktur atas. Kemudian pekerjaan arsitektur yang meliputi pekerjaan arsitektur lantai ground floor, pekerjaan arsitektur lantai basement 1 dan pekerjaan arsitektur lantai basement 2.

Baca juga : DPRD Medan Dukung Rencana Pemko Yang Akan Sediakan Bioskop di Lapangan Merdeka

“Pekerjaan arsitektur lantai ground floor meliputi pekerjaan arsitektur panggung rakyat, dog house, cerobong, area lobby dan tangga serta kanopi. Sedangkan pekerjaan arsitektur lantai basement 1 meliputi pekerjaan arsitektur museum, arsitektur city planning gallery, arsitektur studio, arsitektur parkir sisi timur, arsitektur parkir sisi barat, arsitektur parkir sisi utara, arsitektur parkir sisi selatan serta arsitektur orientasi dan penerimaan,” jelasnya.

Untuk pekerjaan arsitektur lantai basement 2, sambung Endar, meliputi pekerjaan permanen art gallery, arsitektur temporary art gallery, arsitektur studio, arsitektur parkir sisi timur, arsitektur parkir sisi barat, arsitektur parkir sisi utara, arsitektur parkir sisi selatan serta pekerjaan arsitektur city planning gallery dan perjamuan.

Kemudian pekerjaan interior lantai basement 1 yang mencakup pekerjaan interior museum, interior city planning gallery, interior studio, interior sisi timur, arsitektur parkir sisi barat, arsitektur parkir sisi utara, arsitektur parkir sisi selatan serta pekerjaan interior orientasi dan penerimaan.

Baca juga : Tender Pekerjaan Tahap II Revitalisasi Lapangan Merdeka Medan Dimulai

“Sementara untuk pekerjaan interior lantai basement 2 meliputi pekerjaan permanent art gallery, pekerjaan interior temporary art gallery, interior studio, interior parkir sisi timur, interior parkir sisi barat, interior parkir sisi utara, interior parkir sisi selatan dan interior area perjamuan,” terangnya.

Selain itu, pada pengerjaan tahap II, pihaknya juga akan melakukan pekerjaan drainase yang  meliputi pekerjaan persiapan, pekerjaan drainase dan longsorage, pelengkap, pompa dan instrumentasi serta pekerjaan drainase dan kolam resapan.
“Alhamdulillah, sejauh ini semua lancar, tidak ada kendala dalam pekerjaan revitalisasi yang kita lakukan. Mudah-mudahan seluruh pekerjaan bisa selesai sesuai target yang ditetapkan Pak Wali Kota yakni Juli 2024,” pungkasnya. (Rahmad/hm18)

Related Articles

Latest Articles