17.8 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Tagihan Biaya Pasien Covid-19 Capai Rp456 Juta, Ini Kata Kadis Kesehatan Medan

Medan, MISTAR.ID

Terkait pengaduan keluarga pasien Covid-19 yang kecewa dengan biaya perobatan mencapai Rp456 juta di Rumah Sakit (RS) Columbia Medan. Plt Kadis Kesehatan Kota Medan dr Mardohar Tambunan mengatakan permasalah ini harus dikoordinasikan kembali ke pihak RS atau pihak yang merasa keberatan.

“Tidak mungkin RS Columbia itu mengeluarkan suatu kwitansi pembayaran tanpa ada kesepakatan,” katanya saat dihubungi MISTAR, Senin (30/8/21).

Lanjut Mardohar, begitu pasien masuk ke IGD RS akan ditentukan pasien positif Covid-19 maka pasien atau keluarga ada menandatangani informed consent atau penyampaian informasi dari dokter atau perawat kepada pasien sebelum suatu tindakan medis dilakukan.

Baca Juga:Keluarga Pasien Covid-19 Ditagih Biaya Ratusan Juta; RS Colombia: Itu Total Biaya Dikeluarkan Selama Rawatan

“Maka dari informed consent ini yang berbicara apakah pasien tadi pasien pemerintah atau pasien bayar sendiri. Jadi jangan kita ambil persepsi sepihak. Selidiki dulu dengarkan masalahnya sejauh mana pihak RS Columbia terhadap pasien sampai ditagih hingga Rp400 juta lebih. Jadi harus diselidiki dulu,” terangnya.

Terkait pihak keluarga akan menyurati Dinas Kesehatan Kota Medan, Mardohar mempersilahkan pihak keluarga tersebut untuk menyurati Dinas Kesehatan Kota Medan. “Silahkan saja. Nanti akan kita laga (periksa) laporan keluarga pasien dan pihak RS Columbia,” pungkasnya.

Seperti diketahui, keluarga pasien Covid-19 sangat kecewa dengan biaya perobatan mencapai Rp456 juta di Rumah Sakit Colombia Medan. Menurut pengakuan paman pasien, istri keponakannya masuk ke rumah sakit pada tanggal 26 Juli 2021.

“Keponakan saya bernama Hermansyah. Istrinya bernama Anjelia Siregar warga Desa Pagaran Singkam, Padang Lawas Pagaran, Kecamatan Padang Bolak. Dari kampung memang sudah dinyatakan positif Covid-19. Kemudian dibawa ke rumah sakit Colombia dan dilakukan test dan hasilnya juga positif. Kemudian dirawat selama 25 hari hingga akhirnya meninggal dunia,” ucapnya, Senin (30/8/21).

Baca Juga:RS Colombia Medan Dirikan Tenda Periksa Covid-19

Setelah itu, sambung dia, pihak rumah sakit mengeluarkan biaya selama 25 hari perawatan sebesar Rp456 juta. “Menerima tagihan biaya perawatan dari Rumah Sakit Colombia sebesar Rp456 juta,” jawabnya.

Dengan biaya ini, pihak keluarga sangat kecewa dengan rumah sakit. Pasalnya, menurut dia, setiap pasien Covid-19 tidak dikenakan biaya selama perobatan. “Sangat kecewa kali dengan biaya itu dan deposit keponakan saya yang sudah masuk Rp160 juta dan kami minta itu dikeluarkan (dikembalikan),” sebut dia.

“Itu (Rp160 juta jaminan), karena nanti dipotong Rp87 juta itu ada non medis padahal setahu kita namanya Covid-19 itu semua ditanggung pemerintah. Kan itu permasalahannya, apapun tidak diperkenankan rumah sakit mengambil biaya dari pasien Covid,” ujar dia.

Sampai hari ini, sambung dia, pihak keluarga masih berjuang menyelesaikan pembiayaan ratusan juta itu. Pasalnya, pihak rumah sakit masih bertahan dengan untuk menagih biaya perobatan itu. “Kita lagi berjuang dengan hak pasien positif, kita sudah menyurati kemenkes dan wali kota. Proses pembayaran masih ditagih (iya),” ucapnya.

Baca Juga:Update Covid-19 Siantar: Pasien Positif Tambah 1, Suspek Tambah 2 Orang

Sementara itu, Perwakilan rumah sakit, Ocep ketika dikonfirmasi terkait hal ini mengaku kalau uang Rp456 juta itu biaya yang telah keluar selama merawat pasien. “Tidak ada dikutip untuk pasien Covid, itu total biaya yang dikeluarkan selama rawatan,” cetusnya ketika dihubungi lewat telepon seluler.

“Tagihan itu memang benar. Habis itu kita alokasi, ada biaya-biaya diluar kemenkes yaitu biaya ambulance dan diluar non medis dan ini sudah saya terangkan,” ucapnya.

Saat ini, pihak rumah sakit masih menunggu keluarga untuk melengkapi administrasi. “Itu sebenarnya si pasien belum melengkapi administrasi, kita masih menunggu keluarga pasien menyelesaikan administrasi,” ujarnya. (anita/hm12)

Related Articles

Latest Articles