12.3 C
New York
Sunday, May 12, 2024

Sukses Jalani Operasi, Adam dan Aris Diperbolehkan Pulang ke Labuhan Batu

Medan, MISTAR.ID

Bayi kembar siam Adam dan Aris yang telah menjalani operasi pemisahan dan perawatan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik, akhirnya bisa pulang, Rabu (3/3/21). Pemulangan disertai acara serah terima yang dilakukan Direktur Utama RSUP H Adam Malik dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K) kepada Plh Bupati Labuhanbatu Muhammad Yusuf Siagian.

Plh Bupati Labuhan Batu sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada tim dokter RSUP H Adam Malik karena telah merawat dua warganya dengan baik. Menurutnya, RSUP H Adam Malik telah mengukir prestasi yang membanggakan.

“Setelah diserahkan pada kita, ini merupakan tanggungjawab pemerintah Kabupaten Labuhanbatu,” katanya didampingi kedua orangtua Adam dan Aris, Supono dan Nur Rahmawati.

Baca Juga:Jenguk Bayi Kembar Siam, Gubsu: Semoga Adam dan Aris Sehat Sampai Besar

Yusuf menambahkan, pihak pemerintah akan tetap melakukan pemeriksaan dan telah menyiapkan Dokter dan Puskesmas tak jauh dari tempat tinggal Adam dan Aris. “Sebelumnya kita sudah menyiapkan tim terkait penanganan Adam dan Aris. Mudah-mudahan setelah kembali ke kampung halamannya sehat walafiat,” sebutnya.

Sementara itu, kedua orangtua Adam dan Aris, Supono dan Nur Rahmawati, mengaku sangat senang telah diperbolehkan membawa pulang anak pertama dan keduanya itu. Ia mengatakan, kepulangan kedua anaknya ini nantinya akan disambut keluarga besarnya. “Neneknya sudah menunggu di rumah, kami sangat terharu,” ucapnya.

Sementara itu Direktur Utama RSUP H Adam Malik mengatakan Adam dan Aris sudah bisa pulang kampung, “Alhamdulillah, setelah 2 bulan masa pemulihan, hari ini kita kembalikan kepada Plh Bupati Labuhanbatu. Kondisi bayi kini sudah sehat,” ujarnya.

Baca Juga:Bayi Kembar Siam Sudah Sadar

Sekedar mengingatkan, bayi Adam dan Aris lahir pada tanggal 9 Desember 2019 di RSUP H Adam Malik dengan kondisi dempet di bagian dada sampai perut. Operasi pemisahan selama kurang lebih 13 jam dilakukan oleh tim bayi kembar siam RSUP H Adam Malik yang terdiri dari dokter spesialis dan sub spesialis dan diketuai Prof dr Guslihan Dasatjipta Sp A(K).

Pemisahan Adam dan Aris merupakan keberhasilan keempat RSUP H Adam Malik dalam menangani bayi kembar siam. Sebelumnya ada bayi kembar siam lainnya yang berhasil dipisahkan yaitu Mariana-Mariani asal Aceh (2005), Sahira-Fahira asal Asahan (2017) serta Adam-Malik asal Tapanuli Utara (2019). (saut/hm12)

Related Articles

Latest Articles