12.8 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Stok Mulai Banyak, Harga Cabai Merah Turun

Medan, MISTAR.ID

Harga sejumlah komoditas di Kota Medan pekan lalu masih sempat bertahan mahal. Hari ini, rata-rata harga komoditas berangsur turun namun belum kembali normal.

Terutama harga cabai merah sudah mulai turun, kini dijual diharga Rp55 ribu hingga Rp60 ribu per Kg. Sebelumnya, sepekan lalu, harga cabai merah ini menyentuh hingga Rp90 ribu per Kg.

Meski harga belum kembali normal, menurut Aat salah pedagang di Pasar Simpang Limun, bila stok cabai merah kembali membanjiri, harga otomatis turun.

“Seperti beberapa hari ini, stok banyak jadi harga mulai turun apalagi dua hari lalu kami jual Rp48 ribu per Kg karena banyak pasokan cabai merah dari sentralnya. Selain itu cuaca juga menjadi penentu harga. Ada dua hari ini hujan, kembali naiklah harga tapi tidak banyak,” jelas Aat pada MISTAR.ID, Kamis (15/9/22).

Baca Juga:Harga Cabai Mulai Turun, Pemprov Sumut Terus Jaga Stabilitas Harga Cabai

Selain harga cabai merah yang mulai turun, harga komoditas lainnya juga masih seperti biasa seperti bawang putih Rp20 ribu per Kg, tomat Rp7 ribu per Kg, cabai hijau Rp32 ribu per Kg, bawang bombai Rp20 ribu per Kg dan cabai rawit Rp44 ribu per Kg.

“Bawang merah hari ini naik Rp2.000 biasa Rp28 ribu sekarang Rp32 ribu. Karena sebagian bawang merah ini stoknya berasal dari Pulau Jawa tidak semua dari Sumut. Apalagi baru naik BBM jadi naik harganya,” imbuhnya.

Sementara itu, di Pusat Pasar harga cabai juga mulai turun kini dijual Rp55 ribu per Kg, harga cabai hijau Rp35 ribu per Kg, bawang putih Rp22 ribu per Kg, bawang merah Rp30 ribu per Kg, tomat Rp7 ribu per Kg dan cabai rawit Rp40 ribu per Kg.

“Kalau harga cabai merah mulai turunlah. Sempat kami jual Rp45 ribu per Kg di minggu ini. Hari ini memang naik sedikit jadi Rp55 ribu per Kg. Karena hari ini stok gak banyak. Kalau banyak stok turunnya harga cabai merah ini,” ungkapnya.

Baca Juga:Harga Cabai Merah Berangsur Turun di Siantar

Terpisah, menurut Kabid Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Barita Sihite, rata-rata harga cabai merah di kota non IHK turun pada dua hari lalu.

Pernurunan harga ini disebabkan karena banyak stok dari daerah sentral. Begitu juga dengan bawang merah mulai turun karena masuknya pasokan bawang merah dari kota-kota besar di Sumut.

“Sekarang Gubernur Sumut juga meminta untuk seluruh ASN dan masyarakat untuk menanam cabai di pekarangan rumah menggunakan polybag. Diharapkan bisa menekan laju inflasi, sebab cabai merah sendiri menjadi salah satu komoditas penyumbang tingginya inflasi,” pungkasnya.(anita/hm10)

Related Articles

Latest Articles