11.2 C
New York
Monday, May 6, 2024

Silpa Anggaran Pilkada Medan Rp20 Miliar

Medan, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan mendapat alokasi anggaran sebesar Rp69,3 miliar untuk pelaksanaan Pilkada serentak 2020. Namun, tidak semua anggaran tersebut habis terpakai untuk menjalankan tahapan pilkada. Ada sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa) sebesar Rp20 miliar.

Sekretaris KPU Medan Nirwan menjelaskan, penetapan Bobby Nasution-Aulia Rachman sebagai pasangan calon terpilih pada Kamis (19/2/21) merupakan akhir dari tahapan Pilkada Medan 2020 yang dilaksanakan oleh KPU Medan. “Dari alokasi anggaran yang ada, masih ada Silpa sekitar Rp20 miliar lagi,” kata Nirwan, Jumat (19/2/21).

Menurut Nirwan, pihaknya banyak melakukan efesiensi dalam menjalankan tahapan Pilkada Medan. Sehingga, banyak anggaran yang bersisa. Masa pandemi menyebabkan banyak kegiatan yang dilaksanakan bersifat virtual. “Pertemuan tatap muka atau agenda di hotel banyak dikurangi. Pengadaan barang dan jasa juga diefesiensi, jadi tidak semua kegiatan dijalankan,” ungkap Nirwan.

Baca Juga:Sah! KPU Medan Tetapkan Bobby-Aulia Pemenang Pilkada 2020

Dia menjelaskan dalam menjalankan tahapan, mereka mendapat anggaran sebesar Rp69,3 miliar. Seluruhnya untuk pelaksanaan tahapan dan tidak ada alokasi anggaran untuk pemungutan suara ulang (PSU). “Kalau ada PSU nanti dialokasikan lagi anggarannya. Minta lagi dengan Pemko Medan. Jadi sisa kemarin memang karena efesiensi,” jelasnya.

KPU Medan telah menetapkan Bobby Nasution-Aulia Rachman sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan terpilih hasil Pilkada 2020. Bobby-Aulia berhasil mengalahkan petahana Akhyar Nasution yang berpasangan dengan Salman Alfarisi.

Berdasarkan rekapitulasi yang dilakukan KPU Medan Akhyar Nasution – Salman Alfarisi memperoleh 342.580 suara. Sementara pasangan nomor urut 02 Bobby Nasution-Aulia Rachman mendapatkan 393.327 suara. (iskandar/hm12)

Related Articles

Latest Articles