18.7 C
New York
Sunday, June 2, 2024

Selama 2023, Kasus DBD Menurun di Sumut

“Termasuk tetap menghimbau agar Kabupaten/Kota mengoptimalkan Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik, pemberantasan sarang nyamuk di tempat-tempat potensial DBD. Dinkes Sumut juga melaksanakan penyelidikan epidemiologi di daerah-daerah yang menunjukkan peningkatan kasus DBD dan sistem surveilans,” katanya.

Novita menyampaikan Fogging bukan merupakan solusi utama dalam pencegahan DBD, karena fogging hanya membunuh nyamuk dewasa dan bukan telur dan jentik nyamuk, sehingga jika hanya mengandalkan fogging, telur dan jentik nyamuk yang tidak mati akan berkembang menjadi nyamuk.

“Di samping itu fogging akan menimbulkan resistensi nyamuk terhadap insektisida yang akan menjadi masalah baru. Tindakan utama dalam pencegahan DBD adalah Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 3M plus,” sebutnya.

Baca juga : Kadis Kesehatan Sumut: DBD Masih Menjadi Masalah Kesehatan Masyarakat

Begitu juga dengan Wolbachia, ternyata berdasarkan Keputusan Menteri kesehatan RI Nomor 1341 tentang Penyelenggaran Pilot Project Implementasi Wolbachia Sebagai Inovasi Penanggulangan Dengue.

“Daerah yang jadi pilot project di Indonesia untuk Aedes aegypti berWolbachia di 5 kota, yakni Kota Semarang (Jawa Tengah), Kota Jakarta Barat (DKI Jakarta), Kota Bandung (Jawa Barat), Kota Kupang (NTT) dan Kota Bontang (Kalimantan Timur),” tandasnya. (dinda/hm18)

Related Articles

Latest Articles