19.2 C
New York
Monday, May 20, 2024

Revitalisasi Jembatan di Jalan HM Yamin dan Abdullah Lubis, Arus Lalulintas Dialihkan

Medan, MISTAR.ID

Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) melakukan revitalisasi jembatan di Jalan Abdullah Lubis dan Jalan HM Yamin.

Proyek antisipasi banjir itu akan berdampak pada beberapa ruas jalan yang bersinggungan, dan harus dialihkan ke jalur lain.

“Pengerjaan dimulai hari ini (Rabu 13 September) dan ditargetkan selesai pertengahan Desember 2023 nanti,” kata Kabid Pengembangan Pengendalian dan Keselamatan (PK&K) Dishub Kota Medan, Ami Kholis Hasibuan kepada Mistar, Rabu (13/9/23).

Ia menjelaskan, penutupan jalan akan dimulai pada pukul 22.00 WIB. “Penutupan kita lakukan secara penuh. Kami imbau masyarakat bisa menghindari dua ruas jalan itu dan mencari jalan alternatif,” imbuhnya.

Baca Juga: Kejatisu Hentikan Penuntutan Perkara Penganiayaan dan Pencurian Lewat RJ

Dijelaskan Ami, untuk revitalisasi jembatan di Jalan HM Yamin, pihaknya melakukan penutupan mulai dari simpang Jalan Aksara sampai Jalan HM Yamin, persis di depan Mesjid Juang 45.

“Jadi bagi pengendara yang datang dari arah Tembung kita alihkan ke Jalan Pimpinan ataupun Jalan Perjuangan. Selanjutnya bisa masuk ke Jalan Wahidin dan menuju Jalan Asia serta Jalan MT Haryono. Untuk mengatur lalu lintas, petugas kita bersama Sat Lantas Polrestabes Medan juga stand by di lokasi,” jelasnya.

Ami mengungkapkan, pengalihan arus tersebut sudah disosialisasikan pihaknya kepada semua operator angkutan umum (angkot) di Kota Medan serta bus Trans Metro Deli.

“Ada sekitar 1.200 angkot yang terdampak dari revitalisasi jembatan di Jalan HM Yamin. Jalurnya juga sudah kita tentukan, baik angkot maupun bus Trans Metro Deli. Total jalan yang kita tutup di Jalan HM Yamin sepanjang 1,2 km,” ungkapnya.

Baca Juga: Prajurit Kodam I/BB Temukan Amankan 12 Ribu Batang Ganja di Madina

Dalam mengantisipasi kemacetan yang terjadi nantinya, lanjut Ami, pihaknya melakukan penutupan jalan secara tentatif di Jalan HM Yamin.

“Jadi penutupan jalannya menyesuaikan, sehingga aktivitas warga sekitar tidak terganggu,” ujarnya.

Sementara untuk yang di Jalan Abdullah Lubis, sambung Ami, penutupan jalan dilakukan di simpang Jalan Darussalam dan simpang Jalan Wahid Hasyim.

“Untuk yang di Jalan Abdullah Lubis tidak terlalu terdampak seperti di Jalan HM Yamin. Angkutan yang terdampak juga cuma 1 trayek di sana, sehingga tingkat kemacetan kita prediksi tidak terlalu rumit,” tutupnya. (Rahmad/hm22)

Related Articles

Latest Articles