11.5 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Rektor UMSU Lepas 3.090 Mahasiswa Ikuti KKN Mandiri

Medan, MISTAR.ID

Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Prof Dr Agussani MAP melepas 3.090 mahasiswa UMSU untuk mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri tahun 2021, Kamis (16/9/21).

Pelepasan mahasiswa KKN secara virtual ditandai dengan penyematan jaket almamater kepada dua mahasiswa perwakilan dari Fakultas Agama Islam dan Fakultas Kedokteran di Kampus Pascasarjana UMSU Jalan Denai Medan.

Berbeda dengan KKN sebelumnya, dalam program ini para mahasiswa melakukan aktivitas pendampingan dan pemberdayaan masyarakat di desa atau kelurahan tempat tinggal masing-masing karena pandemi Covid-19.

Baca Juga:Mahasiswa Peserta KKN 2021 UNIMED Diberangkatkan

Rektor UMSU Prof Dr Agussani mengatakan, program KKN Mandiri tahun 2021 akan berlangsung selama sebulan. Meski dilakukan secara mandiri, sebut Agussani, namun tidak mengurangi makna pelaksanaan KKN.

“Pelaksanaan KKN dilakukan sebagai upaya untuk melatih soft skill mahasiswa, terutama dalam pengembangan kepribadian (personality development), pengembangan masyarakat (community development), pengembangan kelembagaan (institusional development),” ujarnya.

Rektor menjelaskan, KKN adalah bagian dari pelaksanaan dakwah kultural perserikatan Muhammadiyah. Sebagai mahasiswa yang sudah memahami materi Al-Islam dan Ke-Muhammadiyahan, maka peserta KKN juga secara otomatis menjadi pendakwah di tengah masyarakat.

Baca Juga:Bupati Asahan H. Surya, Melepas 115 Mahasiswa Program Kampus Mengajar dan KKN UNA           

“Kepada peserta KKN agar terus melakukan koordinasi dengan dosen pembina lapangan, mitra KKN seperti aparat desa/lurah. Peserta KKN juga adalah duta kampus di tengah masyarakat. Diharapkan menjaga jati diri dan citra kampus yang sudah baik,” ungkapnya.

Ketua program KKN, Elvy Sahnur Nasution menyebutkan, program KKN Mandiri kali ini menjadi KKN Mandiri yang kedua dilakukan UMSU. UMSU terus melakukan perbaikan program setelah mengevaluasi program KKN tahun 2020 lalu.

“Tahun ini KKN diikuti sebanyak 3.090 mahasiswa dari 8 fakultas di lingkungan UMSU,” katanya.

Baca Juga:Mahasiswa Agribisnis USI KKN, Pengabdian di Tengah Pandemi

Disebutkan, program KKN Mandiri dilakukan oleh mahasiswa di desa/lurah kediaman mereka. Selama pelaksanaan KKN, semua mahasiswa peserta KKN didampingi oleh dosen pendamping dengan mengoptimalkan aplikasi simkkn.umsu.ac.id dan media komunikasi lainnya.

“Diharapkan program KKN Mandiri tahun 2021 tidak kalah kualitasnya dibanding program KKN reguler yang dilaksanakan pada tahun sebelumnya,” pungkasnya. (ial/hm14)

Related Articles

Latest Articles