16.8 C
New York
Thursday, June 13, 2024

PT Pelindo I Serahkan Bantuan Kapal untuk Bersihkan Enceng Gondok di Danau Toba

Belawan, MISTAR.ID

Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I menyalurkan dana bantuan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) berupa satu unit kapal pengangkut enceng gondok, beserta mesin pencacah enceng gondok.

Bantuan itu diberikan Regional Division Head Pelayanan SDM dan Umum Regional Pelindo I, Kasih dwi yanti kepada tokoh masyarakat Sibea-bea, Tanggu Pasaribu, baru-baru ini.

Kasih mengatakan, Danau Toba sebagai salah satu destinasi super prioritas di Indonesia tidak terlepas dari masalah lingkungan, salah satunya disebabkan oleh pertumbuhan eceng gondok (eichornia crassipes) yang tidak terkendali.

Eceng gondok tumbuh dengan cepat dan menutupi permukaan air, mengganggu ekosistem perairan dan mengurangi kualitas air, sehingga dapat menghambat aktivitas ekonomi seperti perikanan dan pariwisata.

“Dilatarbelakangi permasalahan tersebut, kita menyerahkan bantuan TJSL sarana dan prasarana berupa 1 unit kapal rakit pengangkut eceng gondok beserta mesin pencacah eceng gondok,” ujarnya.

Baca Juga : Pelindo I dan PTK Kerjasama Dalam Layanan Bisnis Pelayaran dan Kepelabuhanan

Tanggu Pasaribu menyampaikan terima kasih kepada Pelindo atas bantuan dan kepedulian kepada Desa Sibea-bea. Menurut Tanggu, bantuan tersebut sangat dibutuhkan masyarakat saat ini.

Dikatakannya, dengan adanya kapal pengangkut eceng gondok, masyarakat lebih mudah mengumpulkan eceng gondok di permukaan air, bahkan dapat mengangkut dalam jumlah besar. Sedangkan mesin pencacah digunakan untuk mencacah eceng gondok dan dijadikan pupuk kompos. Selanjutnya pupuk kompos bisa digunakan masyarakat untuk tanaman di sekitar desa Sibea-bea.

“Bantuan ini diharapkan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat Sibea-bea, baik dari sektor pariwisata, perikanan, maupun pertanian,” ucapnya. (kamaluddin/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles