32.1 C
New York
Thursday, July 18, 2024

Pj Bupati Pantau Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Taput

Taput, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Bupati, Dimposma Sihombing melaksanakan pemantauan intervensi serentak pencegahan stunting Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), bertempat di Posyandu Bawang Prei Desa Pohan Julu, Kecamatan Siborongborong, pada Kamis (13/6/24).

Turut hadir dalam kegiatan itu, Pj Ketua TP PKK, Lorna Erni Marpaung didampingi Kadis Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBP3A) Kabupaten Taput, Donna Situmeang dan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Dalam sambutannya, Dimposma menjelaskan, salah satu bentuk komitmen mempercepat penurunan stunting adalah melaksanakan intervensi serentak pencegahan stunting di daerah.

Baca juga:Susanti Dorong 16 Kelurahan di Siantar Tuntaskan Rembuk Stunting

“Itu dilakukan melalui pendataan, penimbangan, pengukuran, edukasi dan intervensi bagi seluruh ibu hamil, bayi, balita serta calon pengantin (catin) secara berkelanjutan yang dilaksanakan selama Juni 2024,” imbuhnya.

Pj Bupati juga menyampaikan, kegiatan dimaksud untuk menghimbau kepada seluruh OPD, Camat, Kepala Puskesmas (Kapus), Kepala Desa (Kades) dan kader Posyandu untuk bersama-sama mensukseskan intervensi serentak itu.

“Angka stunting di Kabupaten Taput masih sangat jauh dari angka yang ditargetkan pemerintah pada tahun 2024. Stunting masih berada di angka 27,4 persen. Artinya kita masih mempunyai pekerjaan rumah (PR) besar untuk mencapai target pemerintah di angka 14 persen di tahun ini,” sebutnya.

Baca juga:Agar Terhindar Stunting, Gizi Anak Deli Serdang Harus Terpenuhi

Dia juga berharap, Dinas PPKBP3A sebagai Sekretariat Stunting lebih tegas lagi pada OPD terkait stunting untuk bersama-sama secara konvergensi menurunkan angka sampai 14 persen.

“Saya juga berharap kepada OPD terkait stunting, Dinas Kesehatan (Dinkes), Bappedalitbangda, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) dan Perikanan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim), Dinas Sosial (Dinsos) dan Dinas Pertanian (Distan) agar kerja keras kerja bersama serta memberikan hatinya untuk pencegahan stunting di Taput,” tutup Pj Bupati. (fernando/hm16)

Related Articles

Latest Articles