20 C
New York
Tuesday, July 2, 2024

Psikolog Berbicara Dampak Buruk Perceraian Bagi Anak

“Ketiadaan figur ayah juga menyebabkan anak lebih rentan menjadi korban para pedofil, sehingga mereka mengalami pelecehan seksual. Adanya ayah atau ibu tiri juga berpeluang mengakibatkan terjadinya kekerasan fisik maupun emosional,” tegas Irna.

Kebencian terhadap figur ayah sering membuat anak cenderung menjadi seorang pemberontak.

Selain itu, kecenderungan menjadi lesbian, gay, biseksual, trans dan queer (LGBTQ+) juga bisa lebih besar peluangnya. Tidak adanya peran ayah yang memperhatikan pergaulan anaknya, diduga sebagai pemicu hal tersebut.

Baca juga:Antropolog Unimed: Tren Perceraian di Medan Terus Meningkat

“Itu sebabnya, sebaiknya orang tua yang bercerai jangan membuat anak merasa terjepit di tengah, karena sering menceritakan keburukan pasangannya di depan anaknya. Hal ini membuat anak merasa sedih dan tertekan,” ujarnya.

Dengan banyaknya masalah yang ditimbulkan dari perceraian, Irna pun berpesan agar para orang tua untuk berfikir lagi dalam memutuskan ikatan pernikahan.

“Jika memungkinan sebaiknya para orang tua berpikir ribuan kali sebelum memutuskan perceraian,” pungkas perempuan yang membuka praktek di Jalan DI Panjaitan No 180, Sei Sikambing D, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan ini. (putra/hm16)

Related Articles

Latest Articles