10.1 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Polda Sumut Komitmen Awasi Tindak Korupsi di Sumatera Utara

Medan, MISTAR.ID
Polda Sumut berkomitmen untuk mengawasi dan menangani semua hal yang berkaitan dengan tindak pidana korupsi yang terjadi di wilayah Sumatera Utara.

“Polri khususnya Polda Sumut berkomitmen terus untuk menjaga dan mengawasi serta menegakkan hukum terhadap tindak pidana korupsi yang ada di daerah,” sebut Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak saat menghadiri pelatihan peningkatan kemampuan Aparat Penegak Hukum (APH) dan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dalam penanganan perkara tindak pidana korupsi, Selasa (27/9/22).

Menurutnya, pelatihan ini sangat penting untuk mencegah dan menangani semua hal yang berkaitan dengan tindak pidana korupsi yang terjadi. “Polri khususnya Polda Sumut berkomitmen terus untuk menjaga dan mengawasi serta menegakkan hukum terhadap tindak pidana korupsi yang ada di daerah,” ujarnya.

Baca juga:Polda Sumut Pasang Plang Penyitaan Aset Bos Judi Online Apin BK

Ditegaskan Kapolda Sumut, ara pelaku kejahatan tindak pidana korupsi harus diberi pelajaran maksimal, sebab mereka mencari keuntungan dari kegiatan ilegal yang dilakukan. Termasuk juga kasus korupsi yang dilakukan dengan tindak pidana pencucian uang, proses penegakan hukum dalam rangka mengembalikan kerugian negara melalui asset recovery.

Panca mengatakan, Polda Sumatera Utara tidak bisa bekerja sendiri dalam mencegah dan mengawasi kejahatan tindakan korupsi. Namun, sambung dia, harus dikerjakan bersama-sama dengan instansi terkait.

Baca juga:Upaya Pemberantasan Korupsi Kerap Gembos di MA, Jokowi Perintah Menko Polhukam Reformasi Hukum

“Penanganan tindak pidana korupsi tidak bisa dijalankan oleh satu institusi, harus dijalankan secara bersama-sama oleh seluruh APH yang terlibat di dalamnya, termasuk APIP. Kalau bersama-sama saya yakin kita bisa mengembalikan kerugian negara, serta penyelewengan dana dalam setiap kegiatan bisa dihindari,” kata Panca.(saut/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles