22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Pj Gubernur Sumut Lepas 1.200 Peserta Mudik Gratis Nataru

Medan, MISTAR.ID

Libur Nataru di Sumut dimulai dengan semangat luar biasa, saat Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Hassanudin, bersama Forkopimda melepas 1.200 peserta mudik gratis dari Terminal Terpadu Amplas, Medan, Sabtu (23/12/23).

Hassanudin, didampingi Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi dan Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, dengan bangga menempelkan stiker pada bus tujuan Mudik Medan-Sibolga. Ia tak lupa memeriksa kelengkapan sopir dan penumpang dalam bus dengan penuh perhatian.

“Hati-hati di jalan Pak Sopir,” seru Pj Gubernur Hassanudin setelah memeriksa identitas dan SIM sopir bus. Program Mudik Gratis Nataru ini, menurutnya, adalah upaya Pemprov Sumut untuk mendukung masyarakat yang merayakan liburan dengan mudik.

Dengan diikuti 1.200 peserta yang telah mendaftar sebelumnya, Pj Gubernur mengungkapkan kegembiraannya, “Alhamdulillah, pelepasan ini berjalan dengan baik. Saya mendapat laporan persiapan kendaraan, kesiapan pengemudi yang sehat, dan kelengkapan surat-surat sudah kita lihat, termasuk tes urine para sopir, semuanya baik.”

Pj Gubernur Hassanudin menyampaikan rasa syukur karena kesadaran masyarakat untuk memilih transportasi yang aman semakin meningkat. Ia berharap program ini berjalan lancar, aman, dan apabila ada kendala, dapat segera diatasi.

Baca juga: Mudik Nataru, Tes Kesehatan Segera Dilakukan Pada Sopir

Agustinus Panjaitan, Kepala Dinas Perhubungan Sumut, menegaskan bahwa peserta Mudik Gratis Nataru tidak hanya dilepas begitu saja, melainkan dipastikan tiba di tempat tujuan dengan menyediakan snack dan makan siang.

“Kami memantau proses pengangkutan dalam Mudik Nataru gratis ini untuk memastikan para sopir memberikan pelayanan maksimal. Intinya, kita ingin peserta mudik tiba di tujuan dengan aman dan nyaman,” katanya.

Dalam program ini, Pemprov Sumut telah menyiapkan 30 unit bus dengan variasi ukuran sesuai dengan topografi wilayah. Satu unit bus khusus juga disiapkan bagi masyarakat berkebutuhan khusus. Program Mudik Gratis ini mencakup empat rute, yakni:

Medan-Tarutung-Sibolga, Medan-Kabanjahe-Pangururan, Medan-Kabanjahe-Sidikalang-Salak, dan Medan-Kisaran-Rantauparapat.

Baca juga: Mudik Nataru, Tes Kesehatan Segera Dilakukan Pada Sopir

Salah seorang penumpang, Mulkan Parinduri, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumut atas inisiatif menyediakan angkutan gratis bagi para pemudik. “Terima kasih Pak Gubernur, kami bisa mudik tanpa harus mengeluarkan biaya. Bus yang disediakan juga nyaman. Program ini sangat membantu masyarakat Sumut,” ucapnya penuh rasa terima kasih. (Hutajulu/hm20)

Related Articles

Latest Articles