23.4 C
New York
Wednesday, June 26, 2024

Pj Gubernur Minta Industri Sawit di Sumut Tertata Baik

Medan, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Hassanudin meminta industri kelapa sawit di Sumut bisa ditata dengan baik. Menurutnya, industri Kelapa Sawit bisa menjadi penggerak perekonomian.

“Walaupun Sumut bukan provinsi dengan produksi dan lahan terbesar, tapi ini sektor yang strategis. Industri kelapa sawit ini sangat masif. Itu berdampak pada penyerapan tenaga kerja, oleh karena itu, kita perlu penataan yang semakin baik,” ujarnya saat membuka Indonesian Palm Oil Stakeholders Forum (IPOS-Forum) 2024, Kamis (30/5/24).

Menurut Hassanudin, Sumut juga termasuk kuat dalam pengembangan hilirisasi minyak sawit, seperti biogas, margarin, shampoo, pelumas, biodiesel, bio-etanol, bio plastik, dan juga pembangkit listrik.

Baca juga : Menumbuhkan UMKM Kuliner dan Pertanian di Sumut, Kolaborasi Berbagai Pihak Perlu

Mantan Pangdam I Bukit Barisan tersebut juga memaparkan di Sumut kurang lebih 1,4 juta hektare lahan sawit dengan produksi tandan dan buah segar sekitar 24 juta ton per tahun.

“Ada sekitar 237 perusahaan yang bergerak di bidang kelapa sawit di Sumut, dan ini berdampak pada lapangan kerja,” ujarnya.

Baca juga : Pj Gubernur Sumut Dorong Pengendalian Inflasi Melalui Kerjasama Tiga Kabupaten

Hassanudin juga Sumut memiliki kebanggan dengan mempunyai pabrik minyak goreng yang hanya ada satu-satunya di Indonesia.

“Sumut juga akan terus kembangkan industri ini, menata dengan baik, sehingga bisa menyejahterakan masyarakat kita. Saat ini, kita juga masif di bidang hilirisasinya. Kita punya pabrik minyak goreng merah dan satu-satunya di Indonesia saat ini,” pungkasnya. (iqbal/hm18)

Related Articles

Latest Articles