24.7 C
New York
Sunday, June 9, 2024

Pipa Tirtanadi di Medan Sunggal Pecah Dihantam Alat Berat Proyek Drainase

Medan, MISTAR.ID

Pembangunan drainase di seberang kiri Jalan TB Simatupang, Kecamatan Medan Sunggal telah mengakibatkan pipa milik Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirtanadi.

Pantuan Mistar.id di lokasi, Kamis (16/11/23), terdapat 3 blok pipa yang tengah dilakukan penggalian, sekitar 4-5 hari lalu telah diperbaiki namun terjadi kebocoran lagi.

Direktur Utama Perumda Tirtanadi, Kabir Bedi mengatakan pecahnya pipa tersebut akibat pekerjaan terhantam alat penggalian lubang drainase.

Rusaknya pipa air ini membuat sejumlah warga di Kecamatan Medan Sunggal tak mendapatkan pasokan air bersih selama beberapa hari.

Baca Juga: Masuki Puncak Musim Hujan, DPRD Medan Dorong Pemko Kebut Pengerjaan Drainase

“Mungkin pekerjanya tak hati-hati saat menggali jadi kenalah pipa kita, pecah,” ujar Kabir Bedi, saat ditemui Mistar.id, di Kantor Perumda Tirtanadi Cabang Sunggal, Kamis (16/11/23).

Perumda Tirtanadi masih melakukan perbaikan sampai saat ini. Kabir mengatakan, prosesnya membutuhkan waktu 2-3 hari karena merupakan pipa utama yang berdiameter 600 mm.

“Kalau pipa ukuran 600 mm ini bisa 2-3 hari baru normal, kalau pipa ukuran kecil 3-4 jam selesai, tapi kalau ini 1 hari kita perbaiki, 2-3 hari baru normal kembali,” jelasnya pada Mistar.id.

Sekretaris Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) mengatakan penanggulangan pipa tersebut akan dikoordinasikan dengan pihak Perumda Tirtandi dan pihak terkait lainnya sekaligus melakukan evaluasi terhadap para pekerja.

Baca Juga: Polisi Lakukan Pendalaman Penyelidikan Kecelakaan di Area Proyek Drainase Medan

“Nanti kita koordinasi dengan penyedialah. Karena kan sudah diidentifikasi dari awal ke PDAM, PLN, PGN dan lainnyalah, nanti kita juga lakukan evaluasi gimana solusinya,” ujarnya.

Willy mengatakan, perbaikan tetap dilakukan pihak Perumda Tirtanadi, karena itu adalah wewenang mereka, namun tetap akan berkoordinasi.

“Pihak PDAM (Tirtanadi-red) lah, mana mungkin kita betulin pipa orang, tapi kita tetap kordinasi,” katanya sembari beranjak keluar ruangan. (Dinda/hm22)

Related Articles

Latest Articles