21.4 C
New York
Friday, May 3, 2024

Petugas Kloter Diminta Terus Pantau Kondisi Jamaah Lansia dan Disabilitas

Medan, MISTAR.ID

Ketua PPIH Embarkasi Medan Ahmad Qosbi meminta kepada seluruh petugas kelompok terbang (kloter) untuk memantau kondisi jamaah lansia, uzur, disabilitas dan lainnya.

Hal ini terus menerus diingatkannya ke petugas saat melakukan pelepasan keberangkatan di setiap kloter. Dimana petugas kloter harus memastikan para lansia benar-benar dibimbing dan diutamakan kebutuhannya dan dipantau kesehatannya.

“Petugas kloter harus memastikan seluruh jamaahnya dalam kondisi mumpuni untuk melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci,” kata Qosbi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (11/6/23).

Baca juga: Sore Ini, Jamaah Haji Kloter 17 Menuju Bandara Internasional Kualanamu

Ia juga meminta petugas untuk berkoordinasi dengan PPIH Arab Saudi terkait kebutuhan dan pelayanan. Petugas juga harus memastikan berapa jumlah lansia yang membutuhkan kursi roda, jamaah dengan riwayat kesehatan sehingga petugas kloter punya data dan dapat memitigasi dini jika ada sesuatu hal.

Ahmad Qosbi juga memastikan pelayanan lansia di Embarkasi Medan dilaksanakan dengan baik. Dalam pelayanan satu atap misalnya, petugas memprioritaskan para lansia untuk melakukan pengecekan kesehatan, kemudian pembagian gelang, paspor, visa, living cost, dan kemudian diarahkan menuju hotel untuk beristirahat.

“Saat keberangkatan para lansia juga tidak diikutsertakan dalam seremoni dan didahulukan masuk ke dalam bus,” tukasnya. (Anita/hm20)

Related Articles

Latest Articles