14.7 C
New York
Wednesday, October 2, 2024

Pertunjukkan Kebudayaan Pemko Medan Tarik Perhatian Wisatawan Mancanegara

Medan, MISTAR.ID

Meski terhitung baru digelar sebulan belakangan, pertunjukan kebudayaan dari berbagai suku yang dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Medan nyatanya menarik perhatian masyarakat.

Bahkan tak hanya warga lokal, pertunjukan yang digelar setiap Sabtu malam tersebut juga menarik perhatian wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Kota Medan.

Tampak para wisatawan mancanegara tersebut larut dalam kegiatan dan menari bersama adik-adik yang membawakan Tarian Suku Karo di Kesawan, Sabtu (6/7/24) kemarin.

“Jadi setiap minggu memang pertunjukan kebudayaan yang kita tampilkan selalu berbeda. Kita sangat senang karena ternyata kegiatan ini bisa menarik perhatian wisatawan mancanegara, bukan warga lokal saja,” ucap Kadis Dikbud Kota Medan, Benny Sinomba Siregar melalui Kabid Kebudayaan, OK Zulfani Anhar saat diwawancarai mistar.id, Senin (8/7/24).

Baca juga: Jumlah Wisatawan Asing ke Sumut Meningkat, Terbanyak dari Malaysia

Dijelaskan OK, para wisatawan yang hadir tidak hanya sekedar menyaksikan pertunjukkan, mereka turut terlibat dengan ikut menari serta menabuh gendang.

“Mereka (wisatawan) tampak senang dengan pertunjukkan kebudayaan kita dan ingin belajar. Oleh karena itu kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin kita setiap minggunya,” jelasnya.

OK menyebut, bahwa kegiatan ini juga sebagai bentuk melestarikan budaya di era digitalisasi.

“Kemajuan zaman dan teknologi kita khawatirkan membuat adik-adik kita kurang pengetahuannya soal kebudayaan. Atas dasar itu kegiatan ini kami lakukan, sekaligus sebagai nostalgia,” pungkasnya. (rahmad/hm20)

Related Articles

Latest Articles