11.6 C
New York
Monday, May 6, 2024

Penuhi Harapan Warga, Pemko Medan Gelar Fasilitasi Inovasi Pelayanan Publik

Medan, MISTAR.ID

Hampir di setiap kesempatan, Wali Kota Medan Bobby Nasution meminta jajarannya untuk terus berinovasi, terutama dalam pelayanan publik. Apalagi di tengah perkembangan zaman dengan teknologi informasi, kualitas pelayanan pun sangat diperlukan dalam memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat.

Menyikapi hal tersebut, Pemko Medan melalui Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Orta) menggelar kegiatan Fasilitasi Inovasi Pelayanan Publik di Ruang Rapat III Kantor Wali Kota Medan, Selasa (15/3/22).

Pertemuan yang dibuka Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Asisten Umum Renward Parapat ini, bertujuan agar penyelenggara pemerintahan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik lewat inovasi yang dimiliki, salah satunya lewat program one agency one innovation.

Dalam sambutan tertulis Bobby Nasution yang dibacakan Asisten Umum, bahwa pelayanan publik yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat merupakan wujud nyata dari keberhasilan pelaksanaan reformasi birokrasi yang telah dilaksanakan oleh pemerintah.

Baca Juga:Tak Sungkan Masuk Terowongan Parit, Bobby Nasution Telusuri Penyebab Banjir

“Tidak dapat dipungkiri, bahwa pelayanan publik bergerak secara dinamis mengikuti perkembangan zaman. Menyikapi hal tersebut, maka pemerintah dituntut selalu mampu serta cepat beradaptasi dengan segala perubahan agar dapat memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat,” kata Renward.

Menurut Renward, pelayanan publik tidak mampu berdiri sendiri tanpa didukung oleh keinginan yang kuat dari diri kita masing-masing, untuk membawa perubahan ke arah yang lebih baik.

“Kita tidak ingin masyarakat kehilangan harapan dan kepercayaan kepada pemerintah. Untuk itu peningkatan kualitas pelayanan publik terus kita optimalkan,” ucapnya.

Baca Juga:Peduli Masyarakat, Bobby Nasution Bantu Operasi Bocah Kelainan Mulut

Selain itu, unit pelayanan yang berperan dalam membangun dan menumbuhkembangkan inovasi, juga perlu mendapat apresiasi. Hal itu untuk memotivasi unit pelayanan publik yang lain melakukan hal yang sama walaupun perlu dimodifikasi.

“Agar dorongan percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik lebih kuat, maka diperlukan dibangun budaya satu unit kerja satu inovasi (one agency one innovation),” jelasnya.

Untuk itu, Renward berharap, para peserta agar dapat mengikuti kegiatan fasilitasi ini dengan sungguh-sungguh agar nantinya dapat memahami pentingnya inovasi dalam pelayanan publik, serta memahami bagaimana menyusun inovasi pelayanan publik pada unit kerja masing-masing.

“Saya ucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatannya berbagi ilmu pengetahuan kepada kita semua. Saya berharap setelah pertemuan ini akan dapat membuka wawasan bagi para peserta dari setiap OPD untuk membuat inovasi, sehingga semakin banyak inovasi pelayanan publik yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sebagaimana keinginan Wali Kota Medan,” tegasnya.

Baca Juga:Bobby Apresiasi Mesjid Al Hidayah Menteng

Sebelumnya, Kabag Orta Gelora KP Ginting mengungkapkan, pertemuan fasilitasi inovasi pelayanan publik ini bertujuan untuk penyebaran informasi dan memberikan pemahaman kepada peserta tentang materi yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PAN-RB) RI Nomor 30 Tahun 2014 tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik, dan Permen PAN-RB Nomor 7 Tahun 2021 tentang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Daerah.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat mendorong tumbuhnya pelayanan yang inovatif serta peningkatan pengetahuan dalam membangun dan menumbuhkembangkan inovasi pelayanan publik pada perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan,” tuturnya.(rahmad/hm10)

Related Articles

Latest Articles