10 C
New York
Sunday, May 12, 2024

Pengadaan Bus Listrik di Medan Non APBD

Medan, MISTAR.ID

Wali Kota Medan, Bobby Nasution menegaskan bahwa pengadaan bus listrik yang beroperasi tidak menggunakan APBD Kota Medan. Hal itu dikatakannya saat melaunching bus listrik di Komplek J-City Jalan Karya Wisata, Kecamatan Medan Johor, Kamis (4/1/24).

“Jadi ini hasil kolaborasi dan non APBD. Saat ini kita masih mempunyai empat bus listrik dan akan bertambah secara berkala,” tegas Bobby.

Bobby menjelaskan, ada beberapa keunggulan bus listrik dari bus lainnya. Yang pertama, bus listrik rendah emisi karena semua full listrik dan tidak menggunakan bensin sama sekali.

“Yang kedua, bus ini tidak berbayar alias gratis. Dan yang terakhir ini non APBD, hasil kolaborasi dengan PT Kalista dan J-City,” jelasnya.

Baca juga: 4 Unit Bus Listrik Tiba di Medan

Untuk koridor, sambung Bobby, rencananya akan dibangun 17 koridor di Kota Medan.

“Saat ini masih 1 koridor yang ada, bus stop juga masih existing. Kedepannya akan terus kita tambah, begitu juga dengan armada bus listriknya,” ucapnya.

Menanggapi keluhan masyarakat yang menyebut supir Trans Metro Deli kerap ugalan-ugalan dan dikhawatirkan juga terjadi terhadap bus listrik, Bobby memastikan bahwa hal itu sudah diantisipasi dan memerintahkan Dishub Medan untuk memberi pengarahan dan pelatihan.

“Saya juga memerintahkan Dishub Medan untuk menertibkan jalanan. Sebab masih kita lihat banyak kendaraan yang parkir sembarangan di bahu jalan, sehingga menjadi penyebab kemacetan. Mengingat body bus listrik ini cukup besar, maka saya harap tidak ada lagi kendaraan yang parkir di bahu jalan,” harapnya.

Baca juga: DPRD Minta Pemko Medan Matangkan Pengoperasian Bus Listrik

Dengan pembangunan yang berlangsung saat ini, Bobby pun meminta kepada warga Kota Medan, khususnya Medan Johor untuk bersabar.

“Yang dilakukan Pemerintah saat ini untuk memastikan keamanan pengendara. Saya ucapkan juga terima kasih atas pengertiannya selama ini. Begitu juga dengan PT Kalista dan J-City yang sudah membantu Pemko Medan dan masyarakat,” tutupnya. (Rahmad/hm20)

Related Articles

Latest Articles