17.5 C
New York
Monday, April 29, 2024

Medan Zona Merah, Poldasu Patroli Dialogis

Medan, MISTAR.ID

Saat ini Medan sudah masuk zona merah dengan jumlah yang positif korona sebanyak 56 orang. Medan juga sudah mewajibkan setiap orang yang keluar rumah memakai masker serta melakukan social distancing. Aparat keamanan saat ini memiliki peran penting dalam menjalankan upaya pencegahan di tengah masyarakat.

Dalam menjalankan Operasi Aman Nusa II Toba 2020, personil Direktorat Samapta Polda Sumut melakukan patroli dialogis sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19, Jumat (10/4/20) malam. Diantaranya pusat perbelanjaan, warnet, tempat makan, cafe, tempat ibadah, pelabuhan dan lainnya.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmadja menyatakan bahwa pelaksanakan patroli ini tidak hanya dilaksanakan oleh Polda Sumut saja melainkan juga di ikuti oleh Polres sejajaran. “Ya kegiatan patrolinya semua objek-objek keramaian disambangi oleh Personil,” kata Tatan, Sabtu (11/4/20).

Dalam menjalankan patroli itu, personil mengimbau dan membubarkan masyarakat yang sedang beraktivitas di tempat keramaian. Kegiatan ini agar mengurangi aktivitas di luar rumah dan serta memberi pesan edukasi mengenai bahaya virus corona atau Covid-19.

Selain itu, Personil Dit Samapta Polda Sumut dan beserta jajaran menyampaikan situasi dan pesan Kamtibmas serta mengimbau kepada masyarakat agar tetap menggunakan masker mengingat wabah Covid-19 yang berbahaya dan tak kasat mata.

Dalam rangka Operasi Aman Nusa II, polisi juga meminta kepada warga untuk tidak melaksanakan ziarah dan mudik menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

Tujuannya dilaksanakan giat patroli ini adalah memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat yang masih beraktifitas di luar rumah. “Selain itu, kegiatan inu juga untuk mengantisipasi kejahatan 3C dan kejahatan Kamtibmas lainnya,” akunya.

Personil yang melaksanakan patroli dialogis juga menyampaikan kepada masyarakat agar tetap menjaga kebersihan, tidak melakukan kegiatan berkumpul ataupun berkeliaran di luar rumah jika tidak mendesak. “Selalu menggunakan masker saat beraktifitas, melaksanakan social diatancing dan physical distancing orang per orang kurang lebih 1-2 meter, makan makannan yang bergizi dan segera ke dokter apa bila mengalami sakit sepeti batuk, flu, demam dan sesak nafas yang tidak kunjung sembuh,” kata dia.

Penulis : Saut
Editor : Rika Yoesz

Related Articles

Latest Articles