10.2 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Medan PPKM Darurat, IDI: Jadikan Rumah Tempat Terbaik

Medan, MISTAR.ID

Kota Medan salah satu dari 15 kabupaten-kota di luar Jawa-Bali yang baru saja diputuskan pemerintah pusat untuk melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang akan mulai tanggal 12-20 Juli 2021.

Menanggapi hal ini, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Medan dr Wijaya Juwarna mengaku masyarakat harus melaksanakan kebijakan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah. Karena, menurut dia, potensi terjadinya ledakan kasus Covid-19 di seluruh daerah kapan saja bisa terjadi, apalagi di kota-kota besar termasuk Medan. “Kalau PPKM Darurat di Medan telah menjadi kebijakan pemerintah, maka hal itu haruslah dilaksanakan,” kata dia.

Untuk itu, Wijaya meminta agar masyarakat menjadikan rumah tempat yang terbaik untuk memutus penyebaran Covid-19. Terkecuali, ke luar rumah untuk kebutuhan mendasar seperti bekerja dan belanja kebutuhan primer.

Baca Juga:BREAKING NEWS: Pemerintah Tetapkan PPKM Darurat di Kota Medan!

“Tentunya tetap memakai masker dan patuhi prokes (protokol kesehatan). Jangan lupa juga berdoa, kiranya Allah SWT segera mengangkat wabah ini,” harapnya.

Sementara disinggung Kota Medan yang berstatus zona orange (risiko sedang) penyebaran Covid-19, Wijaya menyatakan bahwasanya zona tersebut masih berpotensi kembali ke merah (risiko tinggi). Begitu juga saat disinggung soal dominannya zona kuning (risiko rendah) Covid-19 yang saat ini terjadi di Sumut. “Oranye potensial ke merah. Kecuali sudah hijau benar, barulah kita merdeka,” ucap dia.

Diketahui, pemerintah pusat memutuskan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk 15 kabupaten/kota di luar Jawa-Bali akibat lonjakan penyebaran kasus positif Covid-19. Demikian disampaikan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers, Jumat (9/7/21).

Ke-15 daerah tersebut yakni Tanjung Pinang, Singkawang, Padang Panjang, Balikpapan, Bandar Lampung, Pontianak, Manokwari, Sorong, Batam, Bontang, Bukittinggi, Berau, Padang, Mataram, dan Kota Medan. (saut/hm12)

Related Articles

Latest Articles