17.8 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Mal di Medan Belum Berlakukan Pembukaan New Normal

Medah, MISTAR.ID

Menjelang pemberlakukan konsep kenormalan baru (new normal) di Sumatera Utara (Sumut), hingga saat ini sejumlah Pusat Perbelanjaan atau Mal yang ada di Kota Medan belum memberlakukan pembukaan kenormalan baru.
Suasa di beberapa Mal di Medan masih terjaga ketat dan toko yang buka juga terbatas.

Menurut Marcomm Manager Sun Plaza, Yokie, untuk saat ini mal belum buka. Masih pre-opening saja. Bahkan toko yang buka juga terbatas.

“Jadi, terkait persiapan new normal, kita belum bisa kasih keterangan. Sampai saat ini kita masih memberlakukan pembukaan sementara dan tidak tahu sampai kapan,” katanya pada Mistar, Rabu (27/5/20).

Sebelumnya Sun Plaza sudah melakukan penutup mal sementara mulai 1 April 2020. Awalnya penutupan mal ini dijadwalkan selama dua pekan dan kembali buka pada 15 April 2020. Namun perpanjangan penutupan mal kembali dilakukan hingga 28 April 2020.

Kemudian pusat perbelanjaan tersebut dijadwalkan buka pada 29 April 2020. Namun melihat kondisi saat ini, perpanjangan penutupan sementara kembali dilakukan kembali hingga 11 Mei 2020 dan kemudian diperpanjang kembali hingga 26 Mei 2020.

Baca Juga:Lift di Mal Thailand Gunakan Tombol Pedal Kaki untuk Cegah Covid-19

Yokie mengatakan memang ada beberapa tenant yang sudah beroperasi, namun jumlahnya masih sangat terbatas. Pihaknya juga tetap mengutamakan prosedur sesuai dengan protokol kesehatan.

“Kami terus menerapkan protokol kesehatan yaitu, wajib pengecekan suhu tubuh sebelum pengunjung memasuki area mal, mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer yang kami siapkan di beberapa titik. Selain itu pengunjung juga diwajibkan menggunakan masker selama berada di dalam mall, serta memberikan tanda untuk antrian di lift, CS sesuai dengan aturan physical distancing,” terangnya.

Pihak tenant yang sudah buka juga diwajibkan menerapkan protokol kesehatan ini sebagai prosedur kesehatan dan keamanan untuk menghindari penyebaran Covid-19.

Adapun protokol tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh karyawan toko dan mall, melakukan pengecekan suhu tubuh pengunjung dan mewajibkan penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki area tenant serta membatasi jumlah pengunjung yang ada di dalam toko.

Pihaknya juga terus melakukan briefing tentang protokol kesehatan pada tenant dan pengunjung.

Hal yang sama juga dilakukan oleh pihak Plaza Medan Fair belum belum buka normal. Sebelumnya pusat perbelanjaan ini dijadwalkan tutup sementara hingga 26 Mei 2020. Pembukaan Mal juga masih pada pukul 11.00 hingga 18.00 WIB.

Dikatakan Marcomm Manager Plaza Medan Fair Lenny Yun Manalu, pihak management masih melakukan persiapan pembukaan.

Pihaknya juga masih melakukan pembatasan jam buka untuk tenant yang beroperasi dalam melayani kebutuhan pokok.

“Ada beberapa tenant yang buka, seperti tenant yang menjual kebutuhan pokok, apotik, dan sebagainya. Saat ini jam buka mal kita batasi pukul 11.00 hingga 18.00 WIB. Kecuali Transmart Carrefour sampai pukul 20.00 WIB. Kita juga terus mengutamakan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Setiap pengunjung yang datang wajib menggunakan masker, jika pengunjung tidak menggunakan masker tidak bisa masuk. Setiap pintu masuk juga disediakan wastafel cuci tangan sehingga sebelum masuk pengujung ditekankan untuk mencuci tangan,” pungkasnya.

Terpisah, pantauan Mal Centre Point yang berada di Jalan Jawa juga masih menerapkan pembukaan sementara. Terpantau sejumlah toko yang buka masih terbatas. Pengunjung juga tampak sepi. (anita/hm01)

Related Articles

Latest Articles