11.5 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Lanud Soewondo Siapkan 295 Bed Untuk TKI Asal Malaysia

Medan. MISTAR.ID
Pangkalan Udara (Lanud) Soewondo telah menyiapkan 295 bed (tempat tidur) untuk ratusan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia yang dipulangkan karena pandemi global virus corona.

Komandan Lanud Soewondo Kolonoel Pnb Meka Yudanto mengatakan, berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan Gubernur Edy Rahmayadi, Lanud Soewondo diminta untuk menyiapkan penampungan sementara bagi para TKI yang dipulangkan dari Malaysia. Atas dasar inilah, pihaknya menyiapkan gedung bekas Bandara Polonia menjadi tempat penampungan sementara. 

“Sebanyak 295 bed kita siapkan untuk para TKI,” kata Meka kepada wartawan, Kamis (9/10/20).

Para TKI nantinya akan menginap di gedung penampungan selama beberapa hari. “Hanya beberapa hari saja di sini (2 hari), tidak sampai seminggu mereka akan dijemput oleh Pemkab/Pemko masing-masing,” ucapnya.

Selama di penampungan sementara mereka akan diberi makan 3 kali sehari, dengan ruangan yang dilengkapi kipas angin dan dijaga oleh personil gabungan. Menurut Meka, Lanud Soewondo menyiapkan sebanyak bed yang tersedia. 

“Namun bila ada dukungan tambahan bed, maka ruangan lain juga bisa dipergunakan,” ujar dia.

Menurut informasi yang diterimanya, TKI yang ditampung di Lanud Soewondo adalah yang tiba pada Kamis (9/4/20) sore ini dan Jumat (10/4/20) melalui Bandara Kualanamu. Selain Kualanamu, sebagian TKI asal Malaysia ini juga dipulangkan melalui Jakarta bagi TKI asal Jawa dan sekitarnya. 

Setelah melewati protokol kesehatan, mereka akan dibawa dengan bus ke Lanud Soewondo. Setelah beberapa hari, baru mereka dijemput Pemkab/Pemko masing-masing untuk dikarantina lanjutan.

Penulis : Saut
Editor : Rika Yoesz

Related Articles

Latest Articles