11.6 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Lantik Pimpinan Prodi USU, Rektor Ingatkan Ruang Kelas Tidak Boleh Konvensional

Medan, MISTAR.ID

Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Muryanto Amin melantik dan mengambil sumpah jabatan sejumlah pejabat utama bertempat di Gedung Biro Pusat Administrasi, Rabu (3/11/21). Apapun yang dilantik dan diambil sumpahnya itu yakni Ketua dan Sekretaris Departemen, Ketua dan Sekretaris Program Studi, serta Kepala Laboratorium.

Dalam sambutannya, Muryanto menyampaikan tiga pedoman dalam pelaksanaan jabatan serta menegaskan bahwa ruang kelas tidak boleh lagi dijalankan secara konvensional.

“Pertama, kita menargetkan untuk mendapat pengakuan internasional. Kedua, tertera di program kerja rektor 2021-2026 apa yang menjadi target penting untuk dicapai. Ketiga, Indikator Kinerja Utama yang telah ditandatangani bersama Kemendikbudristek,” ujarnya.

Baca juga:Dekan FKG USU Dilantik, Rektor Ingatkan Target Internasionalisasi Kampus

Tak hanya itu, Muryanto juga menyampaikan program prioritas penting yang keberhasilannya sangat bergantung dari Kepala Departemen, Kepala Prodi dan Kepala Laboratorium.

Pertama, pengembangan konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). “MBKM adalah program yang akan terus kita kembangkan dan harus kita lakukan secara konsisten. Program MBKM ini akan menyasar dan mencapai IKU,” jelasnya.

Muryanto menegaskan, program MBKM harus dipahami sehingga bisa diterapkan. Untuk mendukung pelaksanaannya, revisi kurikulum hingga konstruksi dan rekognisi mata kuliah perlu dilakukan.

Selain itu, Muryanto mengingatkan kepada Kepala Departemen dan Kepala Program Studi agar dapat menciptakan ruang kelas sebagai interaksi aktif antara dosen dan mahasiswa untuk menghasilkan inovasi yang memenuhi indikator kinerja, program inovasi dan produk ilmiah yang tidak lagi konvensional.

“Dosen harus menjadi seorang mentor. Mentor bisa membimbing dan melihat talenta mahasiswa hingga dapat menciptakan produk ilmiah yang jelas dan menyelesaikan masalah di masyarakat,” sebutnya.

Kedua, Kepala Departemen dan Kepala Program Studi diharapkan dapat mendorong dan memfasilitasi inovasi mahasiswa untuk menguatkan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

“Kita harus memproduksi mahasiswa berprestasi dan produk inovasi lebih banyak,” pesannya.

Baca juga:USU Petakan Keunggulan Universitas untuk Program Internasionalisasi

Terakhir, mengenai pembenahan infrastruktur, pemetaan ruang kelas dan laboratorium. Menurut Muryanto, laboratorium merupakan ruang bagi dosen dan mahasiswa untuk menghasilkan inovasi dan produk ilmiah yang bermanfaat, sehingga harus dilakukan pembenahan yang serius.

Dalam pelaksanaan tugas jabatan berdasarkan pedoman yang telah dipaparkan, Rektor berharap adanya sinergi antara rektorat, fakultas dan program studi sehingga menghasilkan kinerja yang lebih baik.

“Kami menunggu hasil kerja dari bapak ibu sekalian agar USU dapat mencapai target-target utamanya,” pungkas Muryanto. (ial/hm06)

Related Articles

Latest Articles