11.8 C
New York
Monday, May 6, 2024

Kualitas Udara di Kota Medan Dikategorikan Masih Belum Sehat, Begini Penjelasan Pakarnya

Medan, MISTAR.ID

Kualitas udara di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) dikategorikan masih belum sehat. Hal itu diketahui dari laman Indeks Kualitas Udara atau Air Quality Indeks (AQI) saat ditelusuri Mistar, Minggu (27/8/23).

Terpantau hari ini kualitas udara di Kota Medan dikategorikan sedang dengan skor 70. Hal tersebut menuai respons dari Dokter Spesialis Paru-Paru dari Sumut.

“Kamis dan Jumat tidak sehat untuk kelompok sensitif, tapi masih belum lewat (skornya) 150. Alhamdulillah di hari Sabtu (kemarin) dan Minggu berada di tingkat sedang,” ucap dr Nuryanita Nainggolan, SpP (K) kepada Mistar via seluler, Minggu (27/8/23).

Baca juga : 11 Kota dengan Kualitas Udara Terbersih di Indonesia, Tiga di Pulau Kalimantan

Dengan kondisi udara seperti itu, Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) melalui dokter yang akrab disapa dr Adek itu memberikan beberapa imbauan dan tawaran solusi kepada masyarakat maupun pemerintah.

“PDPI memberikan beberapa saran upaya pencegahan dan penanganan yang dapat dilakukan baik masyarakat maupun pemerintah,” ujarnya.

Pada masyarakat, kata dr Adek, ikut berperan dalam mengurangi sumber polusi udara seperti beralih dari kendaraan pribadi ke moda transportasi massal, tidak membakar sampah sembarangan, hemat listrik, dan lainnya.

Related Articles

Latest Articles