21.1 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Kualitas Udara di Kota Medan Dikategorikan Masih Belum Sehat, ini Solusi yang Ditawarkan

Medan, MISTAR.ID

Kualitas udara di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) dikategorikan masih belum sehat. Hal itu diketahui dari laman Indeks Kualitas Udara atau Air Quality Indeks (AQI) saat ditelusuri Mistar, Minggu (27/8/23).

Terpantau hari ini kualitas udara di Kota Medan dikategorikan sedang dengan skor 70. Hal tersebut menuai respons dari Dokter Spesialis Paru-Paru dari Sumut.

Perwakilan Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr Nuryanita Nainggolan, SpP (K) mengatakan solusi yang dapat dilakukan oleh pemerintah dengan membuat undang-undang (UU) dan peraturan yang baik tentang pengendalian polusi udara.

Baca juga : Kualitas Udara di Kota Medan Dikategorikan Masih Belum Sehat, Begini Penjelasan Pakarnya

Pertama, kata dr Adek, peraturan standar baku mutu udara ambien sesuai standar organisasi kesehatan internasional (WHO) terbaru.

“Kedua, percepatan peraturan menyangkut penggunaan bahan bakar kendaraan sesuai standar EURO 4. Ketiga, peraturan tentang uji emisi kendaraan bermotor. Keempat, peraturan untuk mengurangi emisi polusi udara dari industri, dan lainnya,” jelasnya.

Kemudian, lanjut dr Adek, melakukan koordinasi lintas sektoral yang lebih baik termasuk dengan akademisi dan organisasi profesi untuk menangani masalah polusi udara.

Baca juga : 11 Kota dengan Kualitas Udara Terbersih di Indonesia, Tiga di Pulau Kalimantan

“Melakukan upaya-upaya memperbaiki kualitas udara dengan berbagai langkah untuk mengurangi atau menurunkan polusi udara. Memaksimalkan pemantauan polusi udara dan early warning pada masyarakat,” katanya.

Serta, sambung dr Adek, mempersiapkan sistem pelayanan kesehatan dalam melayani masyarakat yang terdampak akibat polusi udara. (deddy/hm18)

Related Articles

Latest Articles