14.6 C
New York
Friday, May 3, 2024

KPU Targetkan Rekapitulasi Rampung Sehari

Medan, MISTAR.ID

KPU Kota Medan mulai melakukan rekapitulasi perolehan hasil Pilkada 2020, Selasa (15/12/20) siang di Hotel Santika Dyandra Medan. KPU mengharapkan proses rekapitulasi dapat tuntas dalam sehari.

Rapat pleno terbuka ini dibuka tanpa kehadiran saksi paslon nomor urut 1 Akhyar-Salman (AMAN). Karena belum juga hadir, meski sudah ditunggu satu jam, KPU lalu membuka rapat pleno. Kecamatan Medan Kota menjadi pembuka kecamatan yang direkapitulasi lalu disusul Kecamatan Medan Sunggal dan Medan Helvetia.

Setelah tiga kecamatan dibacakan, akhirnya saksi dari Paslon Nomor urut 1 memasuki ruang rapat pleno dan menyerahkan mandat ke KPU Medan. Namun setelah itu rapat pleno kembali diskors untuk istirahat.

Baca Juga:21 Kecamatan Sudah Tuntaskan Rekapitulasi, Bobby-Aulia 53,5 % dan Akhyar-Salman 46,5 %

Komisioner KPU Medan, M Rinaldi Khair menegaskan pembacaan hasil penghitungan suara Kecamatan Medan Kota, Medan Sunggal dan Medan Helvetia berlaku sah, meski saksi Paslon Nomor Urut 1 belum hadir. Bahkan, tetap sah andai hingga akhir pleno saksi Paslon Nomor Urut 1 tak kunjung hadir. “Pembacaan itu sah,” kata dia.

Ketua KPU Kota Medan Agussyah R Damanik mengatakan rekapitulasi di kecamatan sudah seluruhnya tuntas kemarin. “Hari ini mudah-mudahan bisa kita tuntaskan rekapitulasi. Alhamdulillah prosesnya berjalan baik,” katanya.

Setelah itu, tahapan selanjutnya adalah penetapan hasil rekapitulasi. Namun sebelum itu, KPU akan menunggu tiga hari apakah ada gugatan atau tidak. Jika tidak ada gugatan, maka KPU akan menunggu pemberitahuan MK dan paling lama lima hari penetapan paslon harus dilakukan setelah ada putusan MK.

Sementara itu, berdasarkan Sirekap, pasangan Bobby-Aulia unggul 53,5 persen dengan perolehan suara sebanyak 393.533. Sedangkan pasangan Akhyar-Salman sebesar 46,5 persen dengan perolehan suara sebanyak 342.480 suara. Data yang ditampilkan di Sirekap adalah hasil unggahan foto C Hasil Plano dari KPPS di TPS. (iskandar/hm12)

Related Articles

Latest Articles