26.6 C
New York
Wednesday, May 22, 2024

Komjen Agus Andrianto: Pelaku Begal Terindikasi Menggunakan Narkoba

Medan MISTAR.ID

Wakil Kepala Kepolisian RI Komjen Pol Agus Andrianto mengatakan para pelaku tindak pidana kejahatan jalanan (Begal) terindikasi menggunakan narkotika.

Mantan Kapolda Sumut itu mengungkap hal itu saat melakukan kunjungan kerja di Medan Sumatera Utara, pada Kamis (21/9/23) semalam.

“Melihat keprihatinan itu bapak presiden memerintahkan Kapolda dengan Pak Pangdam di wilayah Sumatera Utara.  Karena pelaku kejahatan begal selama ini indikasinya adalah mereka yang usianya masih muda dan terpengaruh oleh narkoba,” ujarnya kepada mistar.id di Aula serbaguna UNIMED Medan.

Kata dia, sebanyak 70% tahanan yang menghuni lembaga permasyarakatan (Lapas) di Republik Indonesia diisi oleh tersangka tindak pidan penyalahgunaan narkotika.

Baca juga: Komjen Agus Andrianto Menjabat sebagai Wakapolri

“Jadi kalau 100 persen di lapas seluruh Indonesia, 70 persennya adalah kejahatan narkotika,” kata Agus lagi.

Oleh karena itu kata Komjen Agus, Presiden RI Joko Widodo meminta Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi dan Panglima Kodam I Bukit Barisan Mayjen TNI Mochamad Hasan agar menyusun program rehabilitasi bagi pecandu narkoba.

“Kita imbau kepada seluruh warga supaya diinformasikan apabila ada keluarganya, yang menjadi pecandu penyalahgunaan narkoba. Melaporkan dari mulai Babinsa, Kapolsek, Danramil atau Polres ataupun Kodim. Nantinya akan didapatkan dan akan mendapat pelatihan dari TNI Polri dalam rangka program rehabilitasi,” ujarnya mengakhiri. (Matius/hm20)

Related Articles

Latest Articles