11.4 C
New York
Saturday, May 4, 2024

Kolaborasi PT PIL, PT KAI dan PT STTC Dalam Layanan Multimoda Jalur Belawan – Pematang Siantar

Belawan, MISTAR.ID

PT Prima Indonesia Logistik (PIL) sebagai anak perusahaan PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) telah berhasil mengirimkan sebanyak 12 petikemas berukuran 40 feet  menggunakan multimoda Kereta Api dengan rute dari Belawan ke Pematang Siantar dengan tujuan pabrik PT STTC, Kamis (19/10/23) lalu.

Terwujudnya layanan multimoda KA tersebut merupakan hasil kolaborasi antara PT Prima Indonesia Logistik (PIL), PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT Sumatra Tobacco Trading Company (STTC). Dimulainya layanan multimoda KA tersebut disaksikan langsung oleh Direktur PT PIL Indra Pamulihan didampingi oleh General Manager Operasi dan Bisnis PT PIL Andi Lesmana beserta staf terkait dan perwakilan PT STTC.

Direktur PT PIL Indra Pamulihan menyebutkan, kolaborasi ini akan memberikan dampak baik bagi berbagai pihak.

“Dengan dibangunnya kolaborasi ini diharapkan PT PIL dapat mempermudah proses pengiriman logistik yang akan semakin cepat, efektif dan efisien serta meringankan biaya logistik sehingga akan berdampak makin lancarnya distribusi pengiriman barang  serta arus logistik PT STTC yang tentu saja akan mengurangi beban jalan raya, bebas dari kemacetan dan rendah polusi dimana khusus rute Belawan – Pematang Siantar ataupun sebaliknya PT PIL dapat mengirimkan sampai dengan 14 gerbong datar atau sama dengan 28 Teus,“ ujar Indra.

Baca Juga : PT STTC Kerja Sama dengan Pemko Siantar Dukung Sistem IKD

Sebelumnya, PT PIL mengirimkan petikemas kosong dari depo di area Belawan ke pabrik PT STTC di Pematang Siantar yaitu trucking petikemas kosong dari depo di area Belawan ke multimoda PT PIL. Lift off petikemas kosong dari truk ke area multimoda PT PIL, lift on petikemas kosong dari area multimoda PT PIL ke KA, transportasi KA petikemas kosong dari Belawan ke pabrik PT STTC di Pematang Siantar.

Adapun kegiatan pengiriman petikemas isi dari pabrik PT STTC di Pematang Siantar sampai ke terminal Belawan yaitu transportasi KA petikemas isi dari pabrik PT STTC di Pematang Siantar ke Belawan, lift off petikemas isi dari KA ke area multimoda PT PIL, lift on petikemas isi dari area multimoda PT PIL ke truk, trucking petikemas isi dari area multimoda PT PIL ke terminal Belawan.

Di lokasi berbeda, Direktur Utama PT PIL Rudi Susanto menyampaikan harapannya terkait kolaborasi ini.

“Semoga langkah-langkah yang kami lakukan hari ini dalam membangun kolaborasi, membangun sinergi transportasi bidang logistik dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya dan memberikan value yang baik bagi perekonomian nasional sehingga kami bisa bersama-sama memberikan sumbangan untuk membangun efisiensi distribusi logistik di negeri ini,“ ucap Rudi kepada awak media, Selasa (7/11/23). (kamaluddin/hm24)

Related Articles

Latest Articles