23.9 C
New York
Saturday, July 13, 2024

Ketua KONI Sumut Usulkan Extra Flight Bawa Atlet dari Jakarta ke Papua

Medan, MISTAR.ID

Ratusan atlet asal Sumut akan masuk Asrama Haji Medan untuk menjalani pemusatan latihan mulai 3 Juli hingga pelaksanaan PON XX Papua pada Oktober mendatang.

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumut juga sudah menggelar rapat bersama KONI pusat di Jakarta beberapa hari lalu, membahas kendala-kendala yang dihadapi dan mencari solusi atas masalah tersebut.

Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis mengatakan, dalam rapat itu dirinya mengusulkan adanya Extra Flight untuk mengangkut atlet Sumut dari Jakarta ke Papua.

Baca Juga:Buka Rapat Anggota KONI Tahun 2021,Wabup Deli Serdang: Olahraga Kebutuhan Pokok Pembangunan Jasmani dan Rohani

“Kalau penerbangan reguler itu akan ribet dan atlet akan lelah dalam perjalanan. Jadi kita usulkan ke KONI Pusat adanya penerbangan tambahan,” ujarnya, Jumat (2/7/21).

Saat mengajukan usulan itu, kata John, KONI Pusat menyambut baik. Dalam pelaksanaannya, sebut dia, akan dicari perusahaan yang mencarter pesawat Garuda, para atlet Sumut lah yang menjadi penumpangnya.

“Kita sampaikan ke Ketua KONI yang lain dan Ketua KONI Pusat, mereka mendukung. Awal Agustus nanti kita akan melakukan CDM meeting dan DRM meeting, di situlah nanti finalnya,” ungkapnya.

Meski begitu, ungkap John, dia tetap meminta official atlet Sumut tetap mengatur penerbangan reguler, untuk mengantisipasi jika skenario Extra Flight gagal. “Kita tetap merancang untuk reguler flight, bagaimana kita pergi ke Timika, bagaimana terbang ke Merauke,” sebutnya.

Baca Juga:Kejari Siantar Hentikan Kasus KONI Sebab Tak Ada Ditemukan Kerugian Negara

John kemudian memastikan, dalam hasil rapat bersama KONI Pusat, Menpora mengatakan jadwal pelaksanaan PON XX Papua hingga hari ini belum ada penundaan. “Kalau untuk jadwal aman belum ada penundaan. Tidak ada masalah, tapi pelaksanaan diarahkan tanpa penonton,” pungkasnya.

Diketahui, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menegaskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX akan tetap dilaksanakan pada 2-15 Oktober 2021 di Papua.

Tata cara pelaksanaan juga terus dikaji. Termasuk di dalamnya opsi tentang pelaksanaan PON tanpa penonton, penyediaan kapasitas penonton hanya sebagian atau tetap dilaksanakan secara normal. (ial/hm12)

Related Articles

Latest Articles