15.9 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Kapolsek Medan Labuhan Terancam Dicopot

Medan, MISTAR.ID
Polda Sumatera Utara sedang mencari tahu penyebab kaburnya belasan tahanan Polsek Medan Labuhan. Bila ada ditemukan kelalaian, maka Kapolsek Medan Labuhan Kompol Edi Safari terancam dicopot.

Kasubbid Penmas Polda Sumatera Utara AKBP MP Nainggolan ketika dikonfirmasi, membenarkan adanya belasan tahanan Polsek Medan Labuhan yang kabur.

“Ya, tapi saya belum ada datanya,” katanya, Rabu (28/7/21). Disebutkannya, Polda Sumatera Utara akan mencari tahu penyebab kaburnya belasan tahanan itu. “Nanti kita cek dulu, apakah ada kerusakan (ruangan sel) dan lain sebagainya,” sebut dia.

Baca Juga:Tim Gabungan Amankan Belasan Tahanan Polsek Medan Labuhan yang Kabur

Kemudian, Polda Sumatera Utara juga akan memintai keterangan para personil mulai dari yang tugas jaga hingga Kapolsek. “Nah, nanti bisa dilihat, apakah ada kelalaian kah, rusak kah atau lainnya. Yang pasti Kapolsek dimintai keterangan, karena dia yang paling bertanggungjawab,” jelas dia.

Bila nanti ditemukan adanya kelalaian sehingga belasan tahanan kabur, personil yang sedang jaga, perwira pengawas dan Kapolsek pasti ada mendapat sanksi. “Sanksinya beragam, mulai dari penundaan pangkat, tapi bisa saja sampai sanksi pencopotan (dari jabatannya),” katanya.

Pasca kaburnya tahanan itu, personil Polsek Medan Labuhan dan Polres Belawan dibantu Polda Sumatera Utara langsung melakukan pengejaran.

Baca Juga:Sebelum Kabur, Tahanan BNNP Siram Air Cabai ke Wajah Petugas

Alhasil, petugas sudah menangkap kembali para tahanan itu. Salah satu yang ditangkap itu dalang dari kaburnya para tahanan.

Diketahui, sebanyak 18 tahanan Polsek Medan Labuhan dikabarkan melarikan diri usai menjebol pintu kaca, Selasa (27/7/21) sekira pukul 04.30 WIB.

Para tahanan kabur dengan cara membuka gembok pintu tahanan di saat beberapa orang petugas polisi yang bertugas jaga sedang tertidur. Setelah berhasil membuka gembok, para tahanan tersebut menabrak pintu kaca hingga hancur.(saut/hm10)

Related Articles

Latest Articles