12.6 C
New York
Friday, May 3, 2024

Jelang Nataru, Hotel di Medan Perketat Protokol Kesehatan

Medan, MISTAR.ID

Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) di masa pandemi, sejumlah hotel di Medan memperketat protokol kesehatan. Protokol kesehatan ini dilakukan di semua sisi. Tak hanya itu saja jumlah pengunjung juga dibatasi maka wajib melakukan reservasi terlebih dahulu.

Director of Sales and Marketing Aryaduta Medan, Rosnani selama masa pandemi pihaknya mempunyai SOP baru untuk tim room boy. Tamu yang menginap lebih dari satu malam, wajib menghubungi front office apakah kamarnya mau dibersihkan atau tidak. Jika ingin dibersihkan semua linen juga akan diganti termasuk handuk.

“Jadi sebelum room boy mau masuk, mereka wajib didisinfektan terutama area yang high touch poin mulai dari bel pintu masuk, handle pintu, tombol, keran, hair dryer, dan sebagainya. Untuk protokol kesehatan tetap dijalankan sesuai anjuran pemerintah mulai dari cuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer,” jelasnya, Selasa (15/12/20).

Baca Juga:Angkutan Natal Dan Tahun Baru, KAI Sumut Siapkan 17.488 Kursi

Untuk jelang malam tahun baru pihaknya juga tidak membuat kegiatan. Biasanya selalu ada promo untuk buffet makan, namun edisi itu ditiadakan. “Karena kita tidak mau membuat kegiatan yang membuat orang berkerumun. Maka kesan konsep malam Tahun Baru kita biasa saja, padahal biasanya tahun sebelumnya kita membuat games yang seru dimana banyak orang berkerumun,” terangnya.

Bahkan untuk tamu juga dibatasi. Biasanya untuk tamu undangan itu bisa 500 orang, akan tetapi tahun ini hanya bisa 200 orang saja. Sedangkan untuk okupansi sendiri dihari biasa sudah 50%. Sedangkan untuk weekend sudah sampai 70%.

“Benar-benar dikurangi kapasitasnya. Jadi benar-benar harus pesan dulu sebelum datang ke hotel. Kita harapkan di Januari 2021 ini kegiatan bisnis sudah kembali normal hingga semua bisnis bisa bangkit lagi dan target lebih optimis apalagi vaksin Covid-19 kini sudah ada,” sebutnya.

Terpisah, Public Relation Manager Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Medan, Herry Wahyudi menegaskan, Santika menerapkan protokol kesehatan dalam semua sisi. Protokol kesehatan untuk tamu dilakukan sejak awal masuk hingga sarana dan prasarana di lingkungan hotel.

Baca Juga:Sambut Natal dan Tahun Baru 2021, Ini Persiapan Dishub Siantar

Di kamar, misalnya, seluruh perlengkapan menjalankan protokol kesehatan, mulai handuk dimasukkan dalam kemasan plastik untuk menjaga kebersihan. Gelas minum kaca diganti plastik yang siap dibuang setelah digunakan.

“Protokol kesehatan yang dijalankan dengan ketat sejak awal beroperasi kembali setelah sempat tidak beroperasi akibat pandemi Covid-19, mulai membuahkan hasil. Kunjungan tamu semakin membaik,” katanya.

Ditambahkannya dari awal beroperasi kembali di Juni 2020 untuk okupansi yang masih sekitar 20 persen kini sudah meningkat sekitar 50-60 persen. (anita/hm12)

Related Articles

Latest Articles