15.9 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Jalani Vaksin Moderna, Ketua IDI Sumut Minta Nakes Tidak Ragu

Medan, MISTAR.ID
Pemerintah Provinsi Sumatera Utara telah menerima 70 ribu dosis vaksin Covid-19. Puluhan ribu vaksin ini akan diproritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes).

Menanggapi hal ini, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Sumatera Utara (Sumut) dr Ramlan Sitompul SpTHT-KL (K) meminta kepada nakes untuk tidak ragu diinjeksi booster atau dosis III vaksin Covid-19 dengan menggunakan vaksin Moderna. Karena, dia sendiri menjadi dokter pertama di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik yang divaksinasi dosis III dengan Moderna ini pada Senin (2/8/2021).

“Benar ini dosis ketiga, untuk Nakes injeksi Vaksin Moderna sudah mulai dilakukan. Karena saya tugas di RSUP H Adam Malik, maka saya yang pertama melakukan vaksinasi booster ini,” ungkapnya kepada wartawan.

Baca juga: Dinkes Medan Minta Tambahan Jatah Vaksin Covid-19

Ramlan mengaku, sejauh ini dirinya tidak merasakan efek samping pasca divaksin Moderna. Dia juga meyakini vaksinasi booster yang menggunakan moderna dapat meningkatkan kekebalan imunitas tubuh.

“Sejauh ini aman-aman saja. Saya sangat yakin dengan vaksin Moderna, saya rasa ini baik,” katanya.

Oleh karena itu, dia mengimbau kepada para nakes untuk mau diinjeksi vaksinasi booster dengan vaksin Moderna. Sebagai Ketua IDI Sumut, sambungnya, dia sudah memberikan contoh.

Dia menambahkan, mayoritas nakes yang ada di Provinsi Sumut secara umum sudah menjalani injeksi vaksinasi dosis pertama dan kedua dengan menggunakan Sinovac. Jika pun ada yang belum, hal itu karena kondisi kesehatan para nakes tersebut.

Baca juga: Vaksin Moderna untuk Indonesia, 8 Juta Dosis Bantuan dari AS

“Kita ini frontliner karena langsung berhadapan dengan pasien positif Covid-19. Jadi kalau saya sarankan seluruh Nakes jangan ragu-ragu, sesegera mungkin kalau ada kesempatan untuk dapat diimunisasi yang ketiga,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Provinsi Sumut telah memperoleh pasokan 70.000 dosis vaksin Covid-19 jenis Moderna dari Jakarta, Kamis (29/7) kemarin. Plt Kepala Dinas Kesehatan Sumut dr Aris Yudhariansyah mengatakan, pemberian vaksin dosis ketiga dengan Moderna ini dianggap lebih efektif untuk meningkatkan antibodi para nakes. (Saut/hm06)

Related Articles

Latest Articles