15.9 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Jaga Stabilitas Kamtib, Rutan Labuhan Deli Lakukan Pemeliharaan Fasilitas

Belawan, MISTAR.ID

Guna menjaga stabilitas keamanan di dalam Rumah Tahanan Negara (Rutan), jajaran staf pengamanan Rutan Labuhan Deli, Kota Medan melakukan pemeliharaan serta perawatan sarana dan prasarana, berupa gembok dan kunci kamar hunian warga binaan, pada Selasa (24/10/23).

Perawatan fasilitas ini dipantau langsung oleh Kepala Pengamanan Rutan (Karutan), Asrul Harahap.

Asrul mengatakan, kegiatan ini merupakan tindakan awal yang menjadi kegiatan rutin dilakukan pihaknya, sebagai upaya deteksi dini dan strategi keamanan untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib) di dalam Rutan.

Baca juga: Warga Martubung Keluhkan Limbah dari Rutan Labuhan Deli Cemari Pemukiman

“Tujuan dilakukan perawatan gembok kamar hunian warga binaan ini untuk memastikan tidak adanya yang rusak atau sudah tak layak pakai. Rutan Labuhan Deli terus berupaya menghindari adanya duplikasi kunci gembok oleh narapidana (napi) yang dapat menimbulkan gangguan kamtib kapan saja,” ungkapnya.

Disampaikan, gangguan kamtib merupakan salah satu permasalahan yang terjadi di lingkungan Pemasyarakatan. Hal itu tentunya menjadi perhatian, khususnya di Rutan Labuhan Deli untuk itu dilakukan perawatan sarana dan prasarana.

“Ini sebagai komitmen bersama Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen Pas) yang dituangkan dalam 3 kunci Pemasyarakatan maju, yaitu deteksi dini, berantas narkoba dan sinergi,” papar Asrul. (kamaluddin/hm16)

Related Articles

Latest Articles