11.8 C
New York
Monday, May 6, 2024

Ini Trik ORI Sumut Awasi Pelayanan Publik Libatkan Media dan Jejaring

Medan, MISTAR.ID

Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara (ORI Sumut) menggelar silaturahmi dan diskusi kepada Kedan ORl Sumut angkatan I,II dan III, Sabtu (7/11/20). Silaturahmi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat ini adalah upaya ORI Sumut membangun jejaring dalam rangka pengawasan pelayanan publik.

Kedan Ombudsman adalah jejaring Ombudsman yang mengikuti kelas pelayanan publik. Peserta kelas ini berasal dari berbagai lapisan masyarakat sipil juga mahasiswa.

Salah satu alumni kelas pelayanan publik angkatan ke III, Raisa dalam testimoninya saat silaturahmi yang digelar secara daring itu mengungkapkan, ada banyak sekali ilmu yang mereka dapatkan dalam kelas pelayanan publik yang mereka ikuti.

Mulai dari apa itu pelayanan publik dan jenisnya. “Juga kami belajar bagaimana teknis melaporkan maladministrasi pelayanan publik yang diselenggarakan pemerintah,” kata Raisa yang merupakan mahasiswa jurusan Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (Fisip USU) ini.

Baca Juga:Terima Kasih Ombudsman, Proyek Penguatan Tebing Sungai Aek Batang Toru Rampung

Ratama Saragih, alumni lainnya mengatakan, kelas pelayanan publik ini sangat banyak manfaatnya dalam pengawasan pelayanan publik. “Yang paling dekat misalnya kita tahu kemana melapor apabila keluarga kita atau tetangga kita mengalami maladministrasi dalam pelayanan publik,” kata pria yang juga Wali Kota Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kota Tebingtinggi, ini.

Kepala ORI Sumut Abyadi Siregar mengatakan, silaturahmi dan diskusi ini dijadikan momentum berdiskusi kembali berbagai hal tentang pelayanan publik. Diakuinya, pemanfaatan jejaring Kedan ORI Sumut ini adalah salah satu cara mereka dalam memaksimalkan pengawasan pelayanan publik.

Selain juga melibatkan media dalam melakukan pengawasan serta sidak pelayanan publik. Juga dalam rangka peningkatan pengawasan, ORI Sumut juga membangun jaringan di birokrasi. Dalam waktu dekat, akan ada penandatanganan komitmen bersama Inspektorat dalam pengawasan pelayanan oleh pemerintah daerah (Pemda).

Baca Juga:Ombudsman Sumut Latih 25 Peserta KPP

“Selain teman media, juga dengan teman-teman jejaring. Nanti kita rancang sidak pelayanan publik dengan jejaring. Ini banyak manfaatnya,” jelas dia. Karenanya, ia berharap alumni kelas pelayanan publik ini bisa bersama-sama ORI Sumut melakukan pengawasan sesuai dengan motto Ombudsman, “Awasi, Tegur, Laporkan”.

Informasi dari para jejaring akan sangat bermanfaat tentunya akan dikaji terlebih dahulu sebelum ditentukan langkah selanjutnya.

Setelah serangkaian diskusi hangat, kegiatan ini kemudian ditutup dengan pemberian sertifikat oleh ORI Sumut kepada alumni kelas pelayanan publik. Turut hadir dalam kesempatan ini mendampingi Abyadi di antaranya Kepala Keasistenan James Panggabean, Edward Silaban dan Hana Ginting.(iskandar/hm10)

Related Articles

Latest Articles