15.9 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

HUT Kota Medan Ke-433, Bobby : Kita Adalah Pelayan Masyarakat Bukan Untuk Dilayani

Medan, MISTAR.ID

Dalam rangka memperingati HUT Kota Medan Ke-433, DPRD Kota Medan beserta Pemko Medan menggelar rapat paripurna di gedung dewan Jalan Kapten Maulana Lubis, Kecamatan Medan Petisah. Rapat dibuka Ketua DPRD Medan Hasyim, Senin (3/7/23).

Rapat itu dihadiri Wali Kota Medan Bobby Nasution dan Wakil Wali Kota Medan H Aulia Rachman, unsur Forkopimda Kota Medan, Konjen India, Singapura dan Jerman, Rektor, Civitas, Bupati Batubara, Bupati Sergai, Wali Kota Binjai, Bupati Langkat serta mantan Wali Kota Medan Abdillah dan Akhyar Nasution.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Medan Hasyim mengatakan, pihaknya berkomitmen meningkatkan pengawasan terhadap pelayanan publik, memberikan contoh kepemimpinan yang baik serta memanfaatkan digital dalam pelayanan di Pemko Medan.

Baca juga: Jelang HUT Kota Medan, Bobby Nasution Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Pahlawan

“Oleh sebab itu, kami mengajak semua komponen untuk berkolaborasi menuju Kota Medan yang berkah dan kondusif,” ucap Hasyim.

Sementara itu, Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam pidatonya mengatakan, rapat paripurna ini menjadi puncak apresiasi atas sejarah panjang berdirinya Kota Medan yang dilaksanakan setiap tanggal 1 Juli sebagaimana dikenal dengan Hari Jadi Kota Medan.

“Perjuangan panjang yang dilakukan para leluhur kita di masa lalu untuk Kota Medan, sepantasnya menjadi dorongan serta motivasi untuk kita saat ini dalam meneruskan semangat perjuangan mereka demi membawa Medan menjadi kota metropolitan yang lebih baik lagi,” ucapnya.

Menurut Bobby, kolaborasi selama ini telah berhasil mencapai beberapa kemajuan, diantaranya peningkatan pelayanan kesehatan, di mana pada akhir tahun 2022 laku telah dicapai Universal Health Coverage (UHC) sekaligus dimulainya operasional RS Bachtiar Djafar.

Baca juga: HUT Ke-433 Kota Medan, Ketua Fraksi PKS Berharap Masyarakat Bisa Semakin Sejahtera

“Kita juga mampu menangani Covid-19 secara komprehensif hingga sekarang pandemi resmi dinyatakan berakhir. Kita juga terus meningkatkan pelayanan di Puskesmas dan saat ini sedang menjalin kerjasama dengan beberapa rumah sakit untuk turut serta dalam program Medical Tourism,” katanya.

Pada bagian infrastruktur, jelas Bobby, Pemko Medan berhasil mengurangi kawasan kumuh. Di mana pada tahun 2020 tercatat ada 819,9 hektar kawasan kumuh. Kini berkurang menjadi 313,2 hektar pada tahun 2022 lalu.

“Usaha untuk Medan Tanpa Banjir juga tengah dalam proses melalui koordinasi dengan instansi secara vertikal dengan pelimpahan wewenang. Pada tahun 2022, Pemko Medan telah berhasil membangun drainase dengan kondisi baik sebesar 92 persen,” ungkapnya.

Dalam hal ekonomi, sambung Bobby, Pemko Medan berhasil melakukan penanganan laju kontrol inflasi berdasarkan data BPS sebesar 3,59 persen.

Baca juga: HUT ke 102 Damkar, Wali Kota Medan Rencanakan Tambah 3 UPT untuk Tingkatkan Pelayanan

“Kota Medan memberikan kontribusi terhadap perekonomian Provinsi Sumut sebesar 29,2 persen dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 4,71 persen. Hal ini selaras dengan pencapaian prestasi Pemko Medan yang berhasil meraih Anugerah Layanan Investasi Tahun 2022,” sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Orang nomor satu di Pemko Medan ini juga mengucapkan HUT Bhayangkara Ke-77 yang membusung tema ‘Polri Presisi Untuk Negeri’.

“Pemko Medan berharap dan mendoakan agar Polri Terus Jaya dan dan mampu menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif,” harapnya.

Terakhir, Bobby juga meminta Polda Sumut, Polrestabes Medan Polres Belawan untuk menindak tegas para pelaku kriminal seperti geng motor, begal, pelaku pencurian serta meminimalisir aksi tawuran.

“Masyarakat menantikan aksi nyata dari pihak kepolisian dalam menindak pelaku kejahatan. Kami juga mengharapkan agar dicanangkan dan digalakkan program perang terhadap narkoba (War Drugs). Ini harus dilenyapkan, karena sangat mengganggu tercapainya program Pemko Medan dalam em ciptakan generasi emas 2045,” pungkasnya.(rahmad/hm17)

Related Articles

Latest Articles