15.9 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Hari Ketiga Lebaran, Volume Kendaraan di Gerbang Tol Amplas Masih Normal

Medan, MISTAR.ID

Hari ketiga Hari Raya Idul Fitri 1443 H, kendaraan yang masuk maupun keluar gerbang tol Amplas, Medan, belum ada peningkatan.

Asisten Manajer Transaksi Ruas Tol Belmera Fery Sitanggang mengatakan, sejauh ini volume kendaraan keluar maupun masuk masih normal. Adapun jumlah kendaraan keluar masuk melalui tol Amplas mencapai 19 ribu perhari. Jumlah itu sama dengan hari biasa sebelum Lebaran, yakni berkisar 18-19 ribu.

“Dari mulai Lebaran pertama, kedua sampai tadi malam transaksi atau lalin yang melintas di gerbang tol amplas masih setara normal, itu mencapai 19 ribu kendaraan. Jadi layanan transaksi ataupun lalin di GTO Amplas setiap harinya di angka 18 ribu sampai 19 ribu,” kata Fery Sitanggang, Rabu (4/5/22).

Baca Juga:Gegara Google Maps, 3 Pengendara Motor Terobos Pintu Tol Amplas

Meski demikian, dirinya memprediksi arus balik pemudik bakal terjadi 3 hari lagi atau sekira tanggal 6,7 dan 8 Mei. Namun lebih spesifik cenderung di tanggal 7 yang diprediksi ada peningkatan kendaraan, mengingat pada tanggal 9 Mei masyarakat sudah beraktivitas seperti biasa.

“Mengingat di tanggal 9 sudah mulai beraktivitas dan cuti bersama sudah berakhir. Sehingga kami memprediksi arus balik akan terjadi puncaknya di tanggal 7,” ucapnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan dan kemacetan, Tol Amplas Medan menyiapkan skema jemput bola terhadap kendaraan yang mau keluar dan masuk gerbang tol. Apabila sudah terjadi penumpukan, petugas akan membawa alat mobile rider guna mempersingkat transaksi. Sehingga pengemudi tak lagi mengantre ke pos e-toll.

Baca Juga:Mobil Penumpang Hantam Dump Truk di Tol Belmera Medan, 2 Tewas

Selain itu pihaknya juga akan mengalihkan arus lalulintas ke pintu lain agar mengurai kepadatan. Misalkan, mengalihkan kendaraan ke gerbang tol H Anif dan Helvetia.

Selain itu, mereka juga meminta agar pengendara memastikan saldo kartu e-toll terisi guna mempersingkat waktu. “Perlu kami sampaikan untuk memperlancar lalulintas gerbang tol, berharap supaya mencukupi saldo, sehingga tidak terjadi antrean dan transaksi bisa cepat,” kata dia.(saut/hm15)

Related Articles

Latest Articles