10.7 C
New York
Monday, May 6, 2024

Hari Ini Sejumlah Wilayah di Sumut Berpotensi Diguyur Hujan Deras

Medan, MISTAR.ID

Hujan deras mengguyur Medan dan sejumlah wilayah di Deli Serdang, Kamis (8/7/21), dini hari. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan memprediksi, kondisi serupa masih akan terus terjadi di sejumlah wilayah di Sumut hingga besok.

“Waspada hujan lebat di sebagian wilayah Lereng Timur dan Pegunungan,” ujar Kapala BMKG wilayah I Medan Hartanto, melalui Prakirawannya Endah Paramita, Kamis (8/7/21) pagi.

Endah menjelaskan, hujan ringan hingga lebat pada sore dan malam nanti berpotensi terjadi di Langkat, Karo, Dairi, Binjai, Deli Serdang, Kota Medan dan sekitarnya.

Baca juga: BMKG Keluarkan Peringatan Dini, Hujan Deras dan Badai Guntur Landa Wilayah Sumut

“Dini hari nanti akan meluas ke Sergai, Tebing Tinggi dan Kabupaten Simalungun,” sebutnya.

Untuk wilayah Toba, Samosir dan Pematang Siantar, kata Endah, siang ini berpotensi hujan meski kondisinya terpantau masih cerah dan berawan.

Baca juga: Hujan Deras Landa Siantar, Papan Iklan dan Pohon Tumbang serta Rumah Banjir

“Suhu udara Sumut berada pada 22.0 – 31.0⁰ C dan kelembaban udara 60 – 98%. Sementara kekuatan angin dari Tenggara ke Barat Laut 10 – 30 Km/Jam,” ungkap Endah.

Endah juga menjelaskan, pagi ini BMKG wilayah I Medan mendeteksi terdapat empat titik panas (hotspot) yang tersebar di tiga wilayah di Sumatera Utara (Sumut). Dua titik panas berada di Kecamatan Bilah Hulu dan Kecamatan Panei Tengah, Kebupaten Labuhanbatu.

“Sementara masing-masing satu titik berada di Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Deli Serdang dan Kecamatan Simangambat Kabupaten Padang Lawas Utara,” pungkasnya. (ial/hm06)

Related Articles

Latest Articles