5.9 C
New York
Tuesday, March 5, 2024

Harga Daging Segar di Kota Medan Naik Rp10.000 per Kg

Medan, MISTAR.ID

Harga kedelai dan minyak goreng belum turun. Kini harga daging segar juga ikutan terkerek naik. Meski tak naik signifikan seperti di Jakarta yang tembus Rp160.000 per kg. Di Kota Medan sendiri dibanderol dengan harga Rp125.000 hingga Rp140.000 per kilogram.

Menurut Sofyan, salah seorang pedagang daging segar di Pasar Petisah Medan, tiga hari belakangan harga daging rata-rata dijual Rp140.000 per kg. “Biasanya dijual diharga Rp130.000 per kg. Kita berpengaruh juga ini kak. Lantaran kita selama ini belanjanya tidak ke peternak lagi tapi ke PT (perusahaan),” katanya pada mistar.id, Jumat (25/2/22).

Lanjutnya, harga naik ini lantaran berbeda bila beli langsung ke peternak dengan membeli ke perusahaan. Bila langsung dari peternak bisa memotong (sapi/lembu) sendiri. “Tapi sekarang wajib ke PT dan pemotongan masuk ke Rumah Potong Hewan (RPH), sehingga distribusinya bertambah lagi. Jadi kita ambil bersih dan harga lebih mahal,” sebutnya.

Baca Juga:Harga Komoditas di Medan Semua Naik

Naiknya harga saat ini juga membuat permintaan menurun. Soalnya selama ini di Medan, menurutnya, harga-harga cukup aman terkendali dan tidak berpengaruh dari pusat. “Sampai pelanggan banyak yang terkejut, kok sudah naik. Bahkan perkiraan saya harga ini bisa naik lagi apalagi mendekati puasa dan Lebaran nanti. Kami berharaplah sebagai masyarakat dan pedagang, keluhan kita didengar pemerintah. Tapi terusnya kita mengeluh gak juga didengar pemerintah. Hanya janji-janji saja sekarang ini,” keluhnya.

Terpisah, di Pasar Simpang Limun Medan harga daging segar dijual diharga Rp125.000 per kg. Harga ini juga mengalami kenaikan Rp5.000 per kg. Dimana sebelumnya harga daging segar yang dijual di pasar tradisional ini diharga Rp120.000 per kg.

Sementara itu untuk harga komoditas lain juga masih terpantau naik. Seperti cabai merah kini di harga Rp40.000 per kg, tomat Rp16.000 per kg, bawang merah Rp32.000 per kg, cabai hijau Rp24.000 per kg dan bawang putih Rp27.000 per kg. “Harga masih sama saat ini. Belum ada penurunan. Karena stok yang kosong. Akibat cuaca sekarang inilah hujan terus,” pungkas Sadrak salah seorang pedagang komoditas.(anita/hm15)

Related Articles

Latest Articles